PENGARUH STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MADRASAH ALIYAH ASSALAM BANGILAN

AFIDA, EVA MILATUS (2024) PENGARUH STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MADRASAH ALIYAH ASSALAM BANGILAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan masalah yang terjadi di lapangan, proses pembelajaran yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah ASSALAM Bangilan Tuban masih menerapkan strategi konvensional yang mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Keadaan tersebut selain menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan monoton, keadaan ini juga akan berdampak pada kurangnya kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep akidah akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Akibat dari berbagai masalah tersebut dapat berimplikasi pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh sebab itu, guru perlu menerapkan strategi alternatif untuk memastikan materi dapat disampaikan dengan efektif dan siswa merasa senang saat mempelajarinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: (1) Hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai (sig2-tailed) 0,000 artinya Ha 1 diterima dan Ho 1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi Active Knowledge Sharing berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (2) Hasil uji Paired Sample T-test diperoleh nilai (sig2-tailed) 0,000 artinya Ha 2 diterima dan Ho 2 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan strategi Active Knowledge Sharing berbasis masalah dan siswa yang menggunakan strategi konvensional dalam pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Active Knowledge Sharing, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: EVA MILATUS AFIDA
Date Deposited: 19 Oct 2024 08:08
Last Modified: 19 Oct 2024 08:08
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
RAHMAWATI, ULVA BADI'
NIDN2108088801
Thesis advisor
MAMLU'AH, AYA
NIDN2126079004
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6645

Actions (login required)

View Item
View Item