Fathimatuzzahro (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAME MENGGUNAKAN APLIKASI GIMKIT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI SHOLAT SUNNAH MU'AKAD DAN GHAIRU MU'AKAD KELAS VII MTS SYI'AR ISLAM MAIBIT RENGEL TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (309kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (760kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (595kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (465kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (625kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan oleh pendidik untuk berkomunikasi dengan siswa dan berfungsi sebagai penghubung antara keduanya. Tujuannya adalah agar siswa termotivasi dan dapat mengikuti proses pembelajaran secara menyeluruh dan bermakna. Media pembelajaran yang digunakan adalah website gimkit. Gimkit adalah alat pembelajaran berbasis kuis yang mengatur cara kerja pembelajaran untuk membuat pengajaran lebih menarik. Penelitian ini didasarkan pada minat belajar siswa yang masih kurang aktif inovatif dan kreatif dikarenakan kurangnya model pembelajaran yang menarik. Rendahnya minat belajar dipengaruhi oleh rendahnya semangat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbantu aplikasi gimkit pada mata pelajaran Fikih materi Sholat sunnah mu’akad dan ghairu muakad terhadap minat belajar siswa di kelas VII Mts Syi’ar Islam Maibit Rengel Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimen berdesain pretest postest. Sampel penelitian ini menggunakan sampel yang dipilih secara acak dari populasi tertentu. Sampel untuk kelompok eksperiamen dan kelompok kontrol diuji dengan variabel bebas dan terikat. Hasil analisis statistik uji t –test menunjukkan bahwa terdapat hasil yang signifikan pada penerapan model pembelajaran berbasis game gimkit terhadap minat belajar siswa, untuk membandingkan rata-rata antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan menggunakan uji independent T-test jika sig (2- tailed) ≤ 0,05, maka data dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, namun jika sig ≥ 0,05, maka data dinyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil dari uji independent t-test ini menunjukkan nilai 0,001. Nilai 0,001 ≤ 0,05. Hal itu berarti penerapan model pembelajaran berbasis game menggunakan aplikasi gimkit dapat berpengaruh terhadap minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Aplikasi Gimkit, Fikih |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | FATHIMATUZ ZAHRO |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 01:53 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 01:54 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aufa, Ari Abi NIDN2107057802 Thesis advisor Nihayah, Hamidatun NIDN2124028403 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6631 |