EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAME MENGGUNAKAN APLIKASI GIMKIT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI SHOLAT SUNNAH MU'AKAD DAN GHAIRU MU'AKAD KELAS VII MTS SYI'AR ISLAM MAIBIT RENGEL TUBAN

Fathimatuzzahro (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAME MENGGUNAKAN APLIKASI GIMKIT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI SHOLAT SUNNAH MU'AKAD DAN GHAIRU MU'AKAD KELAS VII MTS SYI'AR ISLAM MAIBIT RENGEL TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (760kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan oleh pendidik untuk berkomunikasi dengan siswa dan berfungsi sebagai penghubung antara keduanya. Tujuannya adalah agar siswa termotivasi dan dapat mengikuti proses pembelajaran secara menyeluruh dan bermakna. Media pembelajaran yang digunakan adalah website gimkit. Gimkit adalah alat pembelajaran berbasis kuis yang mengatur cara kerja pembelajaran untuk membuat pengajaran lebih menarik. Penelitian ini didasarkan pada minat belajar siswa yang masih kurang aktif inovatif dan kreatif dikarenakan kurangnya model pembelajaran yang menarik. Rendahnya minat belajar dipengaruhi oleh rendahnya semangat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbantu aplikasi gimkit pada mata pelajaran Fikih materi Sholat sunnah mu’akad dan ghairu muakad terhadap minat belajar siswa di kelas VII Mts Syi’ar Islam Maibit Rengel Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimen berdesain pretest postest. Sampel penelitian ini menggunakan sampel yang dipilih secara acak dari populasi tertentu. Sampel untuk kelompok eksperiamen dan kelompok kontrol diuji dengan variabel bebas dan terikat. Hasil analisis statistik uji t –test menunjukkan bahwa terdapat hasil yang signifikan pada penerapan model pembelajaran berbasis game gimkit terhadap minat belajar siswa, untuk membandingkan rata-rata antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan menggunakan uji independent T-test jika sig (2- tailed) ≤ 0,05, maka data dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, namun jika sig ≥ 0,05, maka data dinyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil dari uji independent t-test ini menunjukkan nilai 0,001. Nilai 0,001 ≤ 0,05. Hal itu berarti penerapan model pembelajaran berbasis game menggunakan aplikasi gimkit dapat berpengaruh terhadap minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Gimkit, Fikih
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FATHIMATUZ ZAHRO
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:53
Last Modified: 04 Sep 2024 01:54
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aufa, Ari Abi
NIDN2107057802
Thesis advisor
Nihayah, Hamidatun
NIDN2124028403
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6631

Actions (login required)

View Item
View Item