ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU SE-KECAMATAN KALUTIDU KABUPATEN BOJONEGORO

NURAINI, UMI SINTA (2024) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU SE-KECAMATAN KALUTIDU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia, kurikulum pendidikan anak usia dini telah mengalami perkembangan yang signifikan seiring dengan peningkatan kesadaran akan pentingnya pendidikan pada usia dini. Salah satu institusi pendidikan yang memegang peran penting dalam menyediakan layanan pendidikan anak usia dini adalah Taman Kanak-Kanak (TK). TK Muslimat NU merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menawarkan pendidikan anak usia dini berbasis agama Islam dan nilai-nilai ke-NU. Dalam konteks ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan akademik kepada anak-anak, tetapi juga untuk membentuk karakter yang kuat berdasarkan nilai-nilai agama Islam dan ke-NU an. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif. Metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa pengamatan observasi langsung ke lapangan, kemudian melakukan proses pendataan, mengolah data, dan menganalisis data secara mendalam. dan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, menggunakan wawancara terstruktur dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dikerjakan hasil yang didapat sebagai berikut kurikulum yang digunakan di empat TK Muslimat NU di Kecamatan Kalitidu, tiga diantaranya mengunakan kurikulum dinas Pendidikan yang mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan no 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Peraturan Menteri no 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dan berisikan muatan materi nilai-nilai agama, dan nilai-nilai ke NU an. Dan satu diantara yaitu TK Muslimat NU 05 di Kecamatan Kalitidu menggunakan Kurikulum Merdeka dan berisikan muatan materi nilai-nilai agama dan nilai-nilai ke NU an. Dari Judul "Analisis Penerapan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di TK Muslimat NU se-Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro" menunjukkan bahwa penelitian ini fokus pada evaluasi bagaimana kurikulum pendidikan anak usia dini diterapkan di Taman Kanak-Kanak (TK) yang dikelola oleh Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di wilayah Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kurikulum PAUD, TK Muslimat NU
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UMI SINTA NURAINI
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:40
Last Modified: 02 Sep 2024 08:40
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
-, Ulfa
NIDN2121067401
Thesis advisor
Fikri, M. Tsaqibul
NIDN2108089201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6614

Actions (login required)

View Item
View Item