ROFI'AH, AMINATUR (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EDPUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI & BUDI PEKERTI MATERI JUAL BELI KELAS VIII DI SMPN 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER .pdf
Download (105kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (483kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (711kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (523kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (592kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (313kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (348kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Hasil belajar merupakan kemampuan yang didapatkan seseorang setelah melalui proses belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMPN 4 Bojonegoro bahwa pembelajaran PAI masih dilaksanakan secara konvensional dengan tanpa memanfaatkan media pembelajaran, sehingga antusias siswa dalam pembelajaran tergolong rendah dan siswa mudah bosan. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk menggunakan media yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan penggunaan media Edpuzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 4 Bojonegoro. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Edpuzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 4 Bojonegoro. Manfaat penelitian ini adalah menambah wawasan tentang media pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran PAI & Budi pekerti, sehingga dapat memperbaiki dan menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai. Selain itu, siswa dapat memahami materi baru dan menyenangkan melalui penggunaan Edpuzzle
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan desain one grup pre test post test. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling kelas lewat satu undian. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D SMPN 4 Bojonegoro
Selain itu, pada analisis data menunjukkan peningkatan signifikan dalam pencapaian hasil belajar siswa setelah penggunaan media edpuzzle. Nilai rata-rata siswa pada pretes (55) sedangkan pada posttest mengalami peningkatan (83,79), menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan penguasaan materi setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media Edpuzzle. Pengujian statistic menggunakan uji paired T-test menegaskan bahwa signifikansi temuan ini, dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 yang menolak hipotesis nol dan memberi pengaruh positif media Edpuzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI & Budi pekerti materi jual beli kelas VIII di SMPN 4 Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Edpuzzle, Hasil belajar |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email 20014988@unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 02:05 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 02:05 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor CHOIRI, MOH MIFTAHUL NIDN2112119203 Thesis advisor SHOFIYUDDIN, AHMAD NIDN2115058905 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6609 |