EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EDPUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI & BUDI PEKERTI MATERI JUAL BELI KELAS VIII DI SMPN 4 BOJONEGORO

ROFI'AH, AMINATUR (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EDPUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI & BUDI PEKERTI MATERI JUAL BELI KELAS VIII DI SMPN 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER .pdf] Text
COVER .pdf

Download (105kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang didapatkan seseorang setelah melalui proses belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMPN 4 Bojonegoro bahwa pembelajaran PAI masih dilaksanakan secara konvensional dengan tanpa memanfaatkan media pembelajaran, sehingga antusias siswa dalam pembelajaran tergolong rendah dan siswa mudah bosan. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk menggunakan media yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan penggunaan media Edpuzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 4 Bojonegoro. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Edpuzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 4 Bojonegoro. Manfaat penelitian ini adalah menambah wawasan tentang media pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran PAI & Budi pekerti, sehingga dapat memperbaiki dan menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai. Selain itu, siswa dapat memahami materi baru dan menyenangkan melalui penggunaan Edpuzzle
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan desain one grup pre test post test. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling kelas lewat satu undian. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D SMPN 4 Bojonegoro
Selain itu, pada analisis data menunjukkan peningkatan signifikan dalam pencapaian hasil belajar siswa setelah penggunaan media edpuzzle. Nilai rata-rata siswa pada pretes (55) sedangkan pada posttest mengalami peningkatan (83,79), menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan penguasaan materi setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media Edpuzzle. Pengujian statistic menggunakan uji paired T-test menegaskan bahwa signifikansi temuan ini, dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 yang menolak hipotesis nol dan memberi pengaruh positif media Edpuzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI & Budi pekerti materi jual beli kelas VIII di SMPN 4 Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media, Edpuzzle, Hasil belajar
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email 20014988@unugiri.ac.id
Date Deposited: 31 Aug 2024 02:05
Last Modified: 31 Aug 2024 02:05
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
CHOIRI, MOH MIFTAHUL
NIDN2112119203
Thesis advisor
SHOFIYUDDIN, AHMAD
NIDN2115058905
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6609

Actions (login required)

View Item
View Item