PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DIGITAL PADA MATERI PENYAJIAN DATA UNTUK PESERTA DIDIK FASE D

MUMAIZIDAH, LAILATUL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DIGITAL PADA MATERI PENYAJIAN DATA UNTUK PESERTA DIDIK FASE D. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak siswa yang kurang berminat dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena dalam kegiatan pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran adalah buku teks dengan menggunakan media papan tulis. Sehingga siswa kurang bisa memahami materi yang diberikan oleh guru dengan baik. Terbukti menurunnya hasil nilai ulangan harian yang masih dibawah KKTP (Kriteria Ketercapaia Tujuan Pembelajaran). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook digital matematika menggunakan heyzine Flipbook pada materi penyajian data dan untuk menguji kevalidan dan kelayakan media flipbook digital yang dikembangkan melalui validasi para Ahli serta mengetahui respon peserta didik.
Jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah- langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap development melibatkan dua validator untuk menilai kevalidan materi dan media. Tahap implementation melibatkan 29 pesrta didik MTs. Islamiyah Malo. Hasil validasi dari ahli materi yang dilakukan diperoleh kriteria “sangat valid” dengan persentase 89% dan ahli media sebesar 86% memperoleh kriteria “sangat valid”. Untuk respon peserta didik terhadap media pembelajaran berupa flipbook digital memperoleh hasil skor dengan presentase 86% dengan kriteria “sangat layak”.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: flipbook digital, heyzine Flipbook, ADDIE
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 519 Probabilitas dan matematika terapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lailatul Mumaizidah
Date Deposited: 30 Aug 2024 01:57
Last Modified: 30 Aug 2024 01:57
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FITRI, ANISA
NIDN0719049202
Thesis advisor
FATHONI, M. IVAN ARIFUL
NIDN0705019103
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6603

Actions (login required)

View Item
View Item