PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PAI&BP KELAS VIII SMPN 1 NGASEM BOJONEGORO

Oktavia, Herlinda Mei (2024) PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PAI&BP KELAS VIII SMPN 1 NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER (1).pdf] Text
COVER (1).pdf

Download (361kB)
[thumbnail of AWALAN-1.pdf] Text
AWALAN-1.pdf

Download (746kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of BAB II (2).pdf] Text
BAB II (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III (2).pdf] Text
BAB III (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV (1).pdf] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V (1).pdf] Text
BAB V (1).pdf

Download (372kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (1).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (388kB)
[thumbnail of LAMPIRAN (1).pdf] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan keberhasilan dalam mengimplementasikan media pembelajaran dapat di lihat dari seberapa minat belajar dan antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, Pembelajaran dengan mengutamakan kenyamanan ataupun hal hal yang disukai oleh peserta didik akan menjadi sebuah kunci utama dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah tetapkan. Upaya dalam meningkatkan minat belajar siswa menjadi sebuah prioritas yang harus di perhatian dalam pembelajaran karena dunia pendidikan menjadi sebuah kunci utama dalam pembangunan generasi bangsa yang jauh lebih baik . Pembangunan media pembelajaran yang mengutamakan keselarasan dalam peningkatan media ICT dan juga perkembangan zaman yang semakin pesat menjadi sebuah harulah ada upaya bagi pendidik agar senantiasa upgrade dalam berbagai pertumbuhan dan peningkatan yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Kualitatif dengan Jenis penelitian Deskriptif, dalam penelitian mendapatkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah siswi dan guru Pendidikan Agama Islam SMPN 1Ngasem Bojonegoro, Wali Murid, Guru Tata Usaha, Kesiswaan SMPN 1 Ngasem Bojonegoro. Dalam proses analisa data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah konsep pembelajaran menggunakan media aplikasi canva adalah dengan menyiapkan wifi dan memberikan pelatihan kepada peserta didik, penerapan media aplikasi canva sebagai pembelajaran terhadap kreatifitas peserta didik dengan melaksanakan literasi dan menuangkan inspirasi dalam poster di canva. Ketercapaian penggunaan aplikasi canva dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terlihat dengan beberapa respon yang di berikan dalam proses pembelajaran dengan adanya keterlibatan peserta didik yang menumbuhkan minat belajar siswa, meningkatkan pemahaman dalam materi pembelajaran dan menjadi wadah dalam pengembangan minat dan bakat yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Media Canva, Minat Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Herlinda Mei Oktavia
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:49
Last Modified: 02 Sep 2024 07:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
NIDN2107057802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6600

Actions (login required)

View Item
View Item