Oktavia, Herlinda Mei (2024) PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PAI&BP KELAS VIII SMPN 1 NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
COVER (1).pdf
Download (361kB)
AWALAN-1.pdf
Download (746kB)
BAB I.pdf
Download (474kB)
BAB II (2).pdf
Restricted to Registered users only
Download (499kB) | Request a copy
BAB III (2).pdf
Restricted to Registered users only
Download (394kB) | Request a copy
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB) | Request a copy
BAB V (1).pdf
Download (372kB)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf
Download (388kB)
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Dalam dunia pendidikan keberhasilan dalam mengimplementasikan media pembelajaran dapat di lihat dari seberapa minat belajar dan antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, Pembelajaran dengan mengutamakan kenyamanan ataupun hal hal yang disukai oleh peserta didik akan menjadi sebuah kunci utama dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah tetapkan. Upaya dalam meningkatkan minat belajar siswa menjadi sebuah prioritas yang harus di perhatian dalam pembelajaran karena dunia pendidikan menjadi sebuah kunci utama dalam pembangunan generasi bangsa yang jauh lebih baik . Pembangunan media pembelajaran yang mengutamakan keselarasan dalam peningkatan media ICT dan juga perkembangan zaman yang semakin pesat menjadi sebuah harulah ada upaya bagi pendidik agar senantiasa upgrade dalam berbagai pertumbuhan dan peningkatan yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Kualitatif dengan Jenis penelitian Deskriptif, dalam penelitian mendapatkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah siswi dan guru Pendidikan Agama Islam SMPN 1Ngasem Bojonegoro, Wali Murid, Guru Tata Usaha, Kesiswaan SMPN 1 Ngasem Bojonegoro. Dalam proses analisa data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah konsep pembelajaran menggunakan media aplikasi canva adalah dengan menyiapkan wifi dan memberikan pelatihan kepada peserta didik, penerapan media aplikasi canva sebagai pembelajaran terhadap kreatifitas peserta didik dengan melaksanakan literasi dan menuangkan inspirasi dalam poster di canva. Ketercapaian penggunaan aplikasi canva dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terlihat dengan beberapa respon yang di berikan dalam proses pembelajaran dengan adanya keterlibatan peserta didik yang menumbuhkan minat belajar siswa, meningkatkan pemahaman dalam materi pembelajaran dan menjadi wadah dalam pengembangan minat dan bakat yang dimiliki siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Media Canva, Minat Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Herlinda Mei Oktavia |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:49 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:49 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor AUFA, ARI ABI NIDN2107057802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6600 |