SARI, DEVI PUSPITA (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDUKATI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI RUKHSAH KELAS VII DI SMPN 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI BOJONEGORO.
COVER.pdf
Download (587kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (778kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (711kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (808kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (429kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (653kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
E-learning selama ini diyakini dapat menjadi sarana pembelajaran untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih mudah, menarik, dan memotivasi. Namun dalam penggunaannya yang luas tampaknya menjadi perhatian, dimana ketersediaan jaringan, akses, dan pengguna menjadi kendala dalam penerapannya dalam pembelajaran. Hal ini juga terjadi pada peserta didik kelas VII SMPN 4 Bojonegoro yang mana dalam proses belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam kelas belum menggunakan media e-learning yang menarik. Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan efektivitas penggunaan media e-learning berbasis edukati dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi rukhsah kelas VII di SMPN 4 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai metode Pre eksperimental Design dan menggunakan tipe One Shot Case Study. Jumlah sampel 33 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan Wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas untuk mengetahui baik tidaknya instrumen penelitian yang digunakan, uji reliabilitas untuk mengetahui instrumen penelitian yang digunakan reliabel, uji pra syarat (uji normalitas & uji homogenitas), dan uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa penggunaan media e-learning berbasis edukati efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII-D, hasilnya diperoleh pada uji hipotesis regresi linier sederhana dengan hasil signifikansi 0,001 < 0,05 maka penggunaan media e-learning berbasis edukati efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti materi rukhsah kelas VII di SMPN 4 Bojonegoro. Dan diperkuat dengan adannya pengaruh dari hasil uji R Square dengan nilai 0,305 yang berarti nilai koefesien determinasi sebesar 30,5%, maka media e-learning berbasis edukati berpengaruh dengan kategori rendah terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-learning, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | DEVI PUSPITA SARI |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 04:29 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MAMLU'AH, AYA NIDN2126079004 Thesis advisor FAUZIAH, ZUMROTUL NIDN2112119203 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6595 |