PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL SISWA SMK

NOVIAWATI, SISKA (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL SISWA SMK. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of AWALAN_.pdf] Text
AWALAN_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan pelatihan layanan bimbingan kelompok melalui teknik cognitive restructruing untuk meningkatkan internal locus of control siswa SMK. Penelitian ini dilandasi oleh rendahnya tingkat Internal Locus Of Control yang ditandai dengan faktor kebiasaan. Faktor tersebut menjadi penyebab rendahnya internal locus of control karena kebiasaan yang mereka lakukan tidak mendorong mereka untuk maju dan berkembang, kebiasaan tersebut seperti malas belajar, mencontek pekerjaan teman, datang ke sekolah terlambat bahkan jarang masuk sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan skala Internal Locus Of Control yang diberikan kepada subjek penelitian yaitu siswa SMK. Hasil analisis dari skala psikologis yang dibagikan pada siswa dengan total 68 siswa dan didapatkan siswa pada kategori rendah sebanyak 95,5% dan kategori sedang sebanyak 4%. Produk yang dihasilkan telah lolos uji coba kepada tiga ahli yaitu ahli BK, ahli media dan calon pengguna produk. Dari uji tersebut mendapat akumulasi prosentase sebesar 100% pada aspek kegunaan, medapat akumulasi prosentase sebesar 66,67% dari aspek kemenarikan, mendapat akumulasi prosentase sebesar 100% pada aspek kelayakan dan mendapat akumulasi prosentase sebesar 66,67% dari aspek ketepatan. Juga telah diujikan kepada kelompok terbatas yang memiliki Internal Locus Of Control rendah, dari ke tiga uji tersebut menyatakan bahwa buku panduan pelatihan layanan bimbingan kelompok melalui teknik cognitive restructruing untuk meningkatkan internal locus of control siswa SMK. Sangat berguna, menarik, sangat layak dan tepat untuk meningkatkan Internal Locus Of Control siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Cognitive Restructuring, Internal Locus Of Control
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 154 Psikologi bawah sadar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Siska Noviawati
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:22
Last Modified: 27 Aug 2024 06:22
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
NIDN0715049401
Thesis advisor
Efendi, Moh. Yusuf
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6569

Actions (login required)

View Item
View Item