PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI (KINE MASTER) BERBASIS STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MI MANSYA’UL HUDA KALITIDU BOJONEGORO

NAFISAH, KUNI LU'LUATUN (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI (KINE MASTER) BERBASIS STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MI MANSYA’UL HUDA KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran ideal adalah pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif mencapai tujuan pembelajaran yang efektif, serta berlangsung dalam kondisi yang nyaman. Beberapa masalah seringkali terjadi pada proses pembelajaran. Peserta didik sibuk sendiri, ramai dan tidak mendengarkan guru sehingga berdampak pada hasil belajar yang tidak memenuhi standar KKM. Permasalahan tersebut dialami di kelas IV MI Mansya’ul Huda. Penggunaan buku cetak nyatanya kurang efektif digunakan saat proses pembelajaran sehingga diperlukan inovasi baru dalam proses pembelajaran. Peneliti memilih inovasi pembelajaran dengan mengembangkan media video animasi yang dikemas dalam bentuk story telling. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil dari pengembangan video animasi (kine master) berbasis story telling dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan pancasila siswa kelas IV MI Mansya’ul huda Kalitidu Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development), dengan model ADDIE dari Reiser dan Mollanda. Pengumpulan data dilakukan dengan Instrument observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif . Sampel penelitian adalah 10 peserta didik sebagai uji kelompok kecil dan 18 peserta didik sebagai uji kelompok besar di MI Mansya’ul Huda.
Hasil Penelitian pengembangan ini dinyatakan layak dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan: 1) Validasi dari ahli materi sebesar 86% kategori baik, validasi dari ahli media 90% kategori Sangat baik, Validasi dari ahli Bahasa 82% kategoribaik. 2) Uji coba kelompok kecil dengan hasil peningkatan nilai pre-test dan post test 2% kategori tinggi dan Uji coba kelompok besar dengan hasil peningkatan nilai pre-test dan post test 1,6% kategori tinggi.
Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, video animasi, kine master, story telling, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media pembelajaran, video animasi, kine master, story telling, hasil belajar.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: kuni Lu'luatun nafisah
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:36
Last Modified: 26 Aug 2024 08:36
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sa’diyah, Zumrotus
NIDN2108089102
Thesis advisor
Yulia, Nurul Mahruzah
NIDN0722079501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6563

Actions (login required)

View Item
View Item