PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM UNTUK MEMINIMALISIR KEJENUHAN PESERTA DIDIK DI MA SYI'AR ISLAM MAIBIT RENGEL KABUPATEN TUBAN

FAKHRUDDIN, MOCH. IMAM (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM UNTUK MEMINIMALISIR KEJENUHAN PESERTA DIDIK DI MA SYI'AR ISLAM MAIBIT RENGEL KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu dari faktor yang menentukan sebuah keberhasilan pengajaran karena penggunaannya dalam kegiatan belajar dan mengajar bisa untuk membangkitkan sebuah minat belajar sehingga peserta didik tidak merasa jenuh ketika pembelajaran berlangsung. Media pembelajaran yang bisa dipakai berbasis video animasi yaitu media powtoon. Pemakaiannya yang gampang serta sebuah fitur animasi yang menarik bisa meminimalisir kejenuhan peserta didik saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dengan observasi semi partitipatif, wawancara semi struktur, documenter. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana dengan langkah-langkah yaitu: Teknik analisis data pada penelitian ini sebagai berikut: 1. Pengumpulan data, 2. Kondensasi data, 3. Penyajian data, 4. Penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini: tringulasi, member check. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dari penggunaan media pembelajaran powtoon ini peserta didik merasakan belajar lebih mudah dan menyenangkan, tanpa rasa jenuh. Mereka dapat bereksplorasi untuk memberikan jawaban ketika ada sebuah pertanyaan dengan pemikiran mereka sendiri. Kata Kunci: Media Pembelajaran Powtoon, Sejarah Kebudayaan Islam, Kejenuhan

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Powtoon, Sejarah Kebudayaan Islam, Kejenuhan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch. Imam Fakhruddin
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:38
Last Modified: 26 Aug 2024 01:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSHUR, AHMAD
NIDN2122037701
Thesis advisor
ISROANI, FARIDA
NIDN0710028903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6558

Actions (login required)

View Item
View Item