EFEKTIVITAS TEKNIK REFRAMING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS CBT UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATION LEARNING SISWA DI MTS TARBIYATUL ISLAM SOKO

MUTHOHAROH, HIDAYATUL (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK REFRAMING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS CBT UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATION LEARNING SISWA DI MTS TARBIYATUL ISLAM SOKO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di era modern ini tidak hanya berfokus kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan akademik saja, tetapi juga pada kemampuan siswa untuk mengatur proses belajar mereka sendiri. Kemampuan ini dikenal sebagi Self- Regulation Learning (SRL) adalah salah satu domain dari self-regulasition yang paling erat kaitanya dengan tujuan pendidikan. Secara umum, SRL melihat dari pembelajaran yang dipandu oleh metakognisi (berpikir tentang cara berpikir konseli), tindakan strategis (merencanakan, memantau,dam mengevaluasi kemajuan pribadi terhadap standar), dan motivasi untuk belajar. Seorang pelajar yang mampu mengatur dirinya akan memantau, mengarahkan, dan mengatur tindakan menuju tujuan pengolahan informasi, memperluas keahlian, dan peningkatan diri. Kondisi siswa yang yang seperti ini mampu menyadari kekuatan dan kelemahan akademik mereka, dan mereka memiliki berbagai strategi yang mereka terapkan secara tepat untuk mengatasi tantangan sehari-hari dari tugas akademiknya.penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat efektivitas teknik reframing dengan bimbingan kelompok berbasisi CBT untuk meningkatkan Self Regulation Learning siswa di MTs Tarbiyatul islam soko penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan preeksperiment design one group pretes-post tes. dengan populasi penelitian 77 siswa, penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan hasil 76.pengumpulan data mebggunakan instrumen SRL dengan teknik purposive sampling untuk melihat satu kelompok (10 siswa) yang memiliki tingkat Self Regulation Learning rendah. data dianalisis menggunakan uji normalitas shapiro-wilk dan uji Paired T Tes dengan bantuan spss 24.0. hasil penelitian menunjukan nilai signifikan uji Paired T Test (2-tailed) adalah0,000 < 0,5 dengan arti hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) di tolak, sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada pretest dan posttest.kesimpulan penelitian ini adalah ditemukan adanya perubahan atau peningkatan Self Regulation Learning dengan penerapan bimbingan kelompok berbasis CBT pada siswa di MTs Tarbiyatul Islam Soko.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Reframing, Self Regulation Learing, Cognitive Behavior Therapy
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 154 Psikologi bawah sadar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: hidayatul muthoharoh
Date Deposited: 24 Aug 2024 06:51
Last Modified: 24 Aug 2024 06:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NOVITASARI, ZETI
NIDN0711118702
Thesis advisor
AFRILIYANTO, AGUS
NIDN0716048904
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6546

Actions (login required)

View Item
View Item