PENGARUH MEDIA QUIZ EDUTAIMENT PAPER MODE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MA SYI’AR ISLAM MAIBIT RENGEL TUBAN

WINARIYATI, IDA (2024) PENGARUH MEDIA QUIZ EDUTAIMENT PAPER MODE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MA SYI’AR ISLAM MAIBIT RENGEL TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama' Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Quizz Edutaiment adalah suatu proses pembelajaran yang didesain sedemikian rupa sehingga muatan Pendidikan dan hiburan bisa dikombinasikan secara harmonis untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Quizizz paper Mode adalah kuis interaktif yang dapat dilakukan secara Offline menggunakan lembar kertas yang bergambar QR Code (Q-Cards). Quizizz Paper Mode dapat dilakukan pada pembelajaran Offline dan siswa tidak perlu menggunakan Handphone atau komputer. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa adanya pengaruh antara Media Quiz Edutaiment Paper Mode terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, pada kelas XI MIPA MA Syi’ar Islam Maibit Rengel Tuban.Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desaian Quasi Eksperimental Design, dengan bentuk Non Equivalent Control Grup Design. Dalam penelitian ini kelas XI MIPA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS Putra sebagai kelas kontrol. Peneliti dalam mengumpulkan data menggunakan pengujian berupa pre test dan post test, kemudian dari analisis tersebut dianalisis menggunkan SPSS 29. Hasil dari uji hipotesis yaitu 0,00<0,05 sehingga H_a diterima dan H_o ditolak. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh Media Quiz Edutaiment Paper Mode terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil dari uji akhir yaitu uji hipotesis dari kelas eksperimen pre test dengan nilai t hitung>t tabel adalah 2.833>1.701 dan pada kelas eksperimen post test 4.265>1.701. sedangkan nilai dari kelas kontrol 3.346>1.701. maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi setelah diberi perlakuan post test. Dari pada kelas pre test dan kelas kontrol yang tidak dieri perlakuan. Maka dapat dilihat bahwa ada pengaruh yang cukup efektif dari Media Quiz Edutaiment Paper Mode terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: IDA WINARIYATI
Date Deposited: 24 Aug 2024 06:32
Last Modified: 24 Aug 2024 06:32
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
IZZA, YOGI PRANA
NIDN0731127601
Thesis advisor
ROHMAWATI, ULVA BADI'
NIDN2108088801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6545

Actions (login required)

View Item
View Item