AZIZAH, AFIFATUL (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA MTs TANWIROTUL QULUB NGULANAN DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. cover.pdf
Download (132kB)
2. awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (579kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (931kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (573kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (700kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (658kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran yang berlangsung di dalam jaringan dimana pengajar dan yang diajar tidak bertatap muka secara langsung. Sedangkan Aplikasi Google Classroom adalah aplikasi yang berbentuk ruang kelas terhubung melalui koneksi internet dan terjadi di dunia maya. MTs Tanwirotul Qulub merupakan lembaga pendidikan di desa yang menerapkan Pembelajaran dalam jaringan melalui Aplikasi Google Classroom selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran dalam jaringan melalui aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran Fikih siswa kelas IX MTs Tanwirotul Qulub Ngulanan Dander Bojonegoro, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran dalam jaringan melalui aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran Fikih siswa kelas IX MTs Tanwirotul Qulub Ngulanan Dander Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dengan mengambil sebuah peristiwa (deskripsi). Analisa data dilakukan melalui reduksi data, display data, kategorisasi dan kesimpulan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber, yaitu memeriksa kembali data yang diperoleh dari beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran dalam jaringan yaitu guru mengacu sesuai dengan anjuran pemerintah yaitu menggunakan RPP satu lembar. Sedangkan kelebihan pembelajaran dalam jaringan melalui aplikasi Google Classroom meliputi; (1) Lebih efektif dalam segi waktu, (2) Lebih Fleksibel, (3) Siswa jadi lebih mandiri saat penugasan. Sedangkan kekurangan pembelajaran dalam jaringan melalui aplikasi Google Classroom meliputi; (1) Signal/koneksi, (2) Minimnya kuota internet, (3) Guru tidak bisa memantau dan mengawasi siswa saat pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Dalam Jaringan, Aplikasi Google Classroom. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 06:42 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 06:42 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI UNSPECIFIED Thesis advisor MIFTAH, ZAINI UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/654 |