PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MELALUI WIZER.ME PADA MATA PELAJARAAN PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BALEN

SOFIA, PUTRI AMILATUS (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MELALUI WIZER.ME PADA MATA PELAJARAAN PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BALEN. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (744kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (652kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan akan selalu mengalami perkembangan, perubahan dan perbaikan di segala bidang guna tercapainya kualitas pembelajaran yang maksimal. Sehingga dibutuhkan kemajuan salah satu adalah pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Wizer.me. Penelitian mengenai “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Melalui Wizer.Me Pada Mata Pelajaraan PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Balen” tujuannya untuk mengetahui pengaruh sistem pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Peneliti memberikan angket dan pretest-posttest kepada siswa untuk mengambil nilai motivasi belajar siswa. Populasi terdiri dari 256 siswa kelas VII dan diambil 32 siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VII H sebagai kelas kontrol. Varibael bebas (X) yaitu pembelajaran berbasis TIK melalui wizer.me pada mata pelajaran PAI dan variabel terikat (Y) adalah nilai motivasi belajar. Jenis dan sumber data yaitu data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu metode tes. Analisis data dengan statistik deskriprif dengan bantuan software SPSS. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Wizer.Me berpengaruh dalam meningkatkan nilai motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Balen. Berdasarkan uji Independent Sampel T Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,047 < 0,05 artinya terdapat perbedaan signifikan pada nilai rata-rata motivasi belajar siswa kelas VII di SMP 1 Balen pada pembelajaran berbasis TIK melalui Wizer.Me. Nilai rata-rata kelas experimen sebesar 57,91 sedangkan nilai kelas kontrol sebesar 52,34.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Wizer.Me., Motivasi Belajar.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PUTRI AMILATUS SOFIA
Date Deposited: 24 Aug 2024 01:52
Last Modified: 24 Aug 2024 01:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
IZZA, YOGI PRANA
NIDN0731127601
Thesis advisor
ROHMAWATI, ULVA BADI'
NIDN2108088801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6538

Actions (login required)

View Item
View Item