NURKHOLIFAH, WAHYU (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS IX DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SUGIHWARAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. COVER.pdf
Download (188kB)
awalan.pdf
Download (3MB)
BAB I.pdf
Download (960kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (662kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (537kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (711kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (398kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (594kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tunagrahita (retardasi mental) adalah sebutan untuk anak yang kemampuan intelektual di bawah rata- rata. Pendidikan agama Islam untuk anak tunagrahita berbeda dengan anak normal, mereka tidak mudah dididik, karena kekurangan dan kelemahannya dalam menangkap pelajaran telah menjadi perhatian. oleh karena itu, mereka perlu memiliki pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan anak normal. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Tunagrahita Kelas IX di Sekolah Luar Biasa Negeri Sugihwaras Bojonegoro. 2) Apa saja penghambat dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunagrahita Kelas IX di Sekolah Luar Biasa Negeri Sugihwaras Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis melalui triagulasi data dan data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Tunagrahita Kelas IX di Sekolah Luar Biasa Negeri Sugihwaras Bojonegoro berbeda dengan stategi yang digunakan oleh sekolah umum. Materi yang disampaikan disederhanakan sesuai dengan kemampuan siswa tunagrahita. Menggunakan metode ceramah, metode demosntrasi, metode mengulang-ulang, dan metode tanya jawab untuk menjaga siswa agar tetap fokus saat didalam kelas. 2) faktor penghambat ada dua yaitu hambatan dari dalam kelas dan hambatan dari luar kelas. 3) Faktor pendukung antara lain: faktor pendukung dari siswa, guru dan orang tua.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 06:32 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 06:32 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FAHMAN, MUNDZAR UNSPECIFIED Thesis advisor NISA’, IDA FAUZIATUN UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/653 |