IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MTs FALAHIYAH TANJUNGREJO

MUHAMAD, NURHABIB BAHA'UDDIN (2024) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MTs FALAHIYAH TANJUNGREJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (668kB)
[thumbnail of AWALAN..pdf] Text
AWALAN..pdf

Download (842kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy

Abstract

Metode learning start with a question adalah suatu metode pembelajaran dimana proses belajar diarahkan siswa aktif dalam bertanya sebelum mendapatkan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari dari guru sebagai pengajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana
implementasi metode pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) untuk asesmen diagnostik kognitif pada pembelajaran Akidah Akhlak untuk siswa kelas VII MTs Falahiyah serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Learning Start With a Question untuk asesmen diagnostik kognitif siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VII MTs Falahiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan dan keajegan pengamatan, perpanjangan penelitian, pembahasan dengan teman sejawat dan juga menggunakan teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber. Metode, dan waktu. Informan penelitian adalah guru mata pelajaran aqidah akhlak
dan siswa.Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan temuan yaitu: implementasi metode pembelajaran learning start with a question diterapkan oleh guru saat melakukan asesmen diagnostik kognitif mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII di MTs Falahiyah Tanjungrejo dimulai dengan membuka pelajaran, menyampaikan materi pelajaran, membagi siswa kedalam kelompok kecil, memberikan bahan ajar kepada siswa, meminta siswa untuk mempelajari bacaan secara kelompok, meminta siswa memberikan tanda pada materi yang belum mereka pahami untuk kemudian di tanyakan kepada guru, dan selanjutya, guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Faktor pendukung dalam penerapa metode pembelajaran LSQ untuk asesmen diagnostik kognitif adalah dukungan dari kepala madrasah kepada guru untuk melakukan MGMP, serta tersedianya sarana buku pegangan guru dan siswa. Faktor penghambatnya adalah adanya peserta didik yang kurang
mampu mengungkapkan atau mengomunikasikan apa yang ada di pikirannya serta adanya perasaan takut pada peserta didik pada saat bertanya

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Learning Start With A Question, Asesmen Diagnostik Kognitif
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUHAMAD NURHABIB BAHA'UDDIN
Date Deposited: 31 Aug 2024 05:36
Last Modified: 31 Aug 2024 05:36
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ROHMAWATI, ULVA BADI'
NIDN2108088801
Thesis advisor
MIFTAH, ZAINI
NIDN2101067901
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6524

Actions (login required)

View Item
View Item