IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES PADA MATERI PERILAKU TERCELA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TUBAN

NADHIFAH, ISNATUN (2004) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES PADA MATERI PERILAKU TERCELA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of Awalan-1.pdf] Text
Awalan-1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III .pdf] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (342kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (550kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik memiliki banyak potensi, kreatifitas, keunggulan serta kekurangan yang berbeda-beda. Fungsi pendidikan salah satunya untuk mewadahi keunggulan dan kekurangan tersebut menjadi sebuah potensi yang baik. Pembelajaran berdiferensiasi proses dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan belajar tersebut. Sehingga peserta didik merasa tidak gagal dalam belajarnya. Penelitian ini dilakukan karena peneliti ingin mengetahui lebih jauh penerapan pembelajaran berdiferensiasi proses dalam proses belajar mengajar siswa di sekolah terutama pada materi perilaku tercela mata pelajaran Akidah Akhlak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu; 1) guru berhasil melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi proses dengan baik. Guru memetakan kebutuhan belajar peserta didik dengan melakukan asesmen diagnostik dengan bantuan google form. Guru menemukan tiga karakteristik belajar siswa yaitu visual, auditori, dan kinestetik; 2) Faktor pendukung pembelajaran berdiferensiasi proses yang telah dilakukan yaitu, dukungan dari steakholder sekolah, pra sarana yang memadai, dan antusias peserta didik. Faktor penghambat pembelajaran berdiferensiasi proses yaitu keterbatasan waktu, IQ (Intelligence Quotient) peserta didik yang berbeda, kurangnya penyediaan alat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi Proses
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISNATUN NADHIFAH
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:38
Last Modified: 23 Aug 2024 07:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AZIZ, SU'UDIN
NIDN2121128602
Thesis advisor
KHOIRIYAH, SITI
NIDN0721099501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6503

Actions (login required)

View Item
View Item