PAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 GRABAGAN TUBAN

FIRNANDA, AYU (2021) PAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 GRABAGAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of AWALAN-1.pdf] Text
AWALAN-1.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III-1.pdf] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-1.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (406kB)

Abstract

Guru adalah salah satu komponen penting dalam pendidikan yang wajib bertanggung jawab atas terselenggaranya proses pembelajaran. Dengan peran dan tanggungjawab guru tersebut diharapkan tidak terjadi kesulitan dalam pembelajaran. Namun bila terjadi kesulitan dalam pembelajaran diharapkan guru membuat upaya atau strategi yang baik sehingga kesulitan belajar yang dialami siswa dapat diselesaikan dengan baik pula. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran PAI SMA Negeri 1 Grabagan Tuban. (2) Mendeskripsikan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar PAI siswa SMA Negeri 1 Grabagan Tuban. (3) Mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar PAI siswa SMA Negeri 1 Grabagan Tuban. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penulis menggunakan kelas X-XI siswa MIPA-IPS dan 1 guru mata pelajaran PAI. Responden dalam penelitian ini sebanyak 27 siswa dn 1 guru mata pelajaran PAI. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis mengelompokkan dan mengorganisasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah yang dirumuskan oleh peneliti. Data dianalisis dengan cara mereduksi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Kesulitan yang dialami ssiwa adalah kesulitanmemprsktekkan dan memahami pelajaran. 2. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI ada dua yaitu faktor internal meliputi: kurangnya minat, bakat, intelegensi dan motivasi untuk siswa belajar. Dan faktor eksternal meliputi: kurangnya perhatian keluarga dan kurangnya pengguaan media. 3. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar PAI siswa yaitu melakukan pengamatan, pendekatan secara langsung dengan siswa, memberikan bimbingan dan yang terakhir melakukan evaluasi.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru, Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:31
Last Modified: 13 Apr 2022 07:31
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MA'ARIF, M. JAUHARUL
UNSPECIFIED
Thesis advisor
BURHANUDIN, HAMAM
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item
View Item