FAHRINA, UMI (2024) PENERPAN APLIKASI NEARPOD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EFEKTIF MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII MTS ISLAHIYAH KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (480kB)
AWALAN .pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (979kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (945kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (680kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (606kB)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kemajuan dunia teknologi yang semakin cangih dan pesat perkembangannya menuntut bagi dunia pendidikan untuk dapat mengejar dalam pembaharuan metode pembelajaran melalui media pembelajaran dengan menggunakan media ICT guna meningkatkan efektivitas hasil pembelajaran serta dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan, Aplikasi Nearpod adalah salah satu bentuk usaha dalam mengikuti perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat dengan tujuan dalam penggunaanya dapat mencapai tujuan pembelajaran dan dapat mengefektifkan proses pembelajaran dengan tercapainya materi pembelajaran dengan pemahaman yang baik .
Metode pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dalam penelitian mendapatkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Pihak Kesiswaan, Guru Mata Pelajaran SKI, dan siswi kelas VII, Dalam proses analisa data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi data.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bentuk penerpan aplikasi nerapod melalui tiga tahap yang pertama,tahap perencanaan, kedua, tahap pelakasaaan, dan ketiga, tahap evaluasi.sebagai bentuk ketercapaian dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari beberapa pencapaian serta situasi yang dilihat (1) pengorganisasian materi yang baik, (2) komunikasi yang baik, (3) penguasaan dan antusiasme terhadap materi pembelajaran, (4) sikap positif terhadap siswa, (5) pemberian nilai yang baik, (6) keluwesan dalam pembelajaran, (7) hasil belajar siswa yang baik. Dari tujuh indikator pembelajaran dikatakan tidak efektif karena keluwesan dan pemberian nilai yang adil sukar dilakukan oleh pendidik.
Kata Kunci : Aplikasi Nearpod,pembelajaran efektif, SKI
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Nearpod,pembelajaran efektif, SKI |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | umi fahrina |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 03:13 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 03:13 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor AUFA, ARI ABI NIDN2107057802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6495 |