FANANI, WIDI MUHAMMAD IQBAL (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN HOLISTIK BERBASIS AKHLAK PADA SISWA MA AL-HIDAYAH LAJUKIDUL SINGGAHAN TUBAN. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (204kB)
AWALAN.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (773kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (771kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (404kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (239kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (218kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (445kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan di Indonesia dalam decade terakhir banyak mengalami problem yang diantaranya adalah lemahnya karakter generasi muda dimana keberhasilan suatu bangsa dapat dilihat dari karakter yang dimilikinya. Melihat permasalahan tersebut maka perlu adanya beberapa terobosan yang salah satunya dapat dilakukan melalui penanaman karakter religius sejak dini yang diterapkan di sekolah baik melalui pembelajaran di kelas maupun kegiatan lain seperti ekstrakurikuler pramuka.Ekstrakurikuler pramuka memiliki peranan penting dalam proses Penguatan Kepribadian Holisitk Siswa. Fokus dalam Penelitian ini adalah 1) konsep Pengembangan Kepribadian Holistik Berbasis Akhlak Melalui Ektrakulikuler Pramuka Pada Siswa MA Alhidayah Lajukidul Singgahan Tuban ,2) Implementasi Pengembangan Kepribadian Holistik Berbasis Akhlak Melalui Ektrakulikuler Pramuka Pada Siswa MA Alhidayah Lajukidul SinggahanTuban,3) Capaian Pengembangan Kepribadian Holistik Berbasis Akhlak Melalui Ektrakulikuler Pramuka Pada Siswa MA Alhidayah Lajukidul
SinggahanTuban. Pelaksanaan program ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah (MA) AlHidayah Lajukidul Singgahan Tuban bertujuan untuk mengembangkan kepribadian siswa holistik berbasis akhlak. Kegiatan pramuka tidak hanya membangun kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum,disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, tetapi juga mengembangkan keterampilan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui pendidikan kepramukaan, siswa dapat mengembangkan dirinya secara optimal, baik dalam aspek akademis maupun non-akademik, sehingga mereka mampu mewujudkan diri dan berfungsi sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan pribadinya.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ektrakulikuler Pramuka, kepribadian Holisitik, pendidikan karakter |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Widi Muhammad Iqbalfanani |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 07:13 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:13 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana NIDN0731127601 Thesis advisor Burhanuddin, Hamam NIDN09028600 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6479 |