PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI E-LEARNING PADA SMAS PGRI NGASEM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

Marita, Paulina Eka (2024) PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI E-LEARNING PADA SMAS PGRI NGASEM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB  V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi di bidang pendidikan menjadi semakin penting di era saat ini, karena teknologi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari struktur pendidikan. Struktur pendidikan memegang peranan penting dalam menentukan kapasitas pendidikan dan sebagai komponen kegiatan operasional dalam pendidikan. Penelitian ini berfokus pada penggunaan metodologi user-centered design (UCD) untuk menguji hasil desain aplikasi e-learning untuk SMAS PGRI Ngasem. Desain baru menghasilkan antarmuka yang ramah pengguna dengan visual, warna, kontras, dan penggunaan font yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, yang bertujuan untuk membuat aplikasi lebih konsisten, efektif, dan efisien. Dengan menerapkan UCD dalam proses desain ulang, peneliti berhasil mengubah desain antarmuka pengguna untuk berbagai bagian seperti login, dasbor, manajemen kelas, materi pelajaran, penilaian, dan kehadiran dalam aplikasi e-learning. Kesimpulan yang diambil dari desain antarmuka pengguna yang didesain ulang menunjukkan bahwa desain baru selaras dengan tujuan penelitian dan kebutuhan pengguna. Temuan tersebut menunjukkan efektivitas metodologi UCD dalam meningkatkan desain antarmuka pengguna untuk aplikasi pendidikan. Studi ini menggarisbawahi pentingnya menggabungkan prinsip desain yang berpusat pada pengguna dalam pengembangan teknologi pendidikan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan kegunaan secara keseluruhan.
Kata kunci: teknologi dalam pendidikan, desain yang berpusat pada pengguna, aplikasi e-learning, desain antarmuka pengguna, teknologi pendidikan.I

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: teknologi dalam pendidikan,desain yang berpusat pada pengguna,aplikasi e-learning ,desain antarmuka pengguna,teknologi pendidikan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Paulina Eka Marita
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:04
Last Modified: 20 Aug 2024 02:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Santi, Nirma Ceisa
NIDN0730099402
Thesis advisor
Rokhim, Auliyaur
NIDN0703078501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6466

Actions (login required)

View Item
View Item