EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VII SMPN 2 SOKO TUBAN

SRIWAHYUNI, YUYUN EKA (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VII SMPN 2 SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Siswa SMP seringkali mengalami permasalahan dalam mengerjakan tugas. Hal ini juga terjadi pada siswa SMPN 2 Soko. Permasalahan yang sering terjadi adalah kecenderungan menunda-nunda segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan akademik. Lingkungan, teman-teman serta keluarga sangat berpengaruh dalam proses penyelesaian tugas, kurangnya mengembangkan pikiran yang lebih sehat dapat memicu banyaknya hambatan salah satunya mudah terpengaruh dengan teman yang mengajak untuk menunda pekerjaan sehingga terjadilah prokrastinasi akademik. Dengan adanya permasalah di sekolah tersebut maka peneliti memiliki tujuan untuk mereduksi prokrastinasi akademik dengan menerapkan teknik self management. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimen Design. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Posttest Design, yaitu jenis penelitian yang masih memungkinkan variabel luar untuk memberikan pengaruh terhadap variabel dependen. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 7 siswa dengan menggunakan konseling kelompok dan diberikan treatment selama 7 kali pertemuan. Berdasarkan uji normalitas, menyatakan bahwa nilai signifikansi pada Shapiro-Wilk adalah 0,903 dan 0,515 artinya nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Oleh karena itu, maka nilai residual berdistribusi normal. Selanjutnya uji t menunjukan angka yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan nilai signifikan (2-tailed) p = 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. penurunan yang awalnya rata-rata 180 (kriteria tinggi) setelah diberikan treatment menjadi rata-rata 73 (kriteria rendah). Dapat disimpulkan bahwa jumlah nilai antara sebelum dan sesudah diberikan treatment menurun secara signifikan dengan selisih rata-rata 107, hal ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self management efektif digunakan untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada siswa SMPN 2 Soko.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Self Management, Konseling Kelompok, Prokrastinasi Akademik
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: YUYUN EKA SRIWAHYUNI
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:50
Last Modified: 24 Aug 2024 02:07
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
DISTIRA, RISKI PUTRA AYU
NIDN0702019301
Thesis advisor
TAWAKKAL, M. IQBAL
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6432

Actions (login required)

View Item
View Item