SRIWAHYUNI, YUYUN EKA (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VII SMPN 2 SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (230kB)
AWALAN.pdf
Download (905kB)
BAB I.pdf
Download (239kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (559kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (448kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (844kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (204kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (436kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Siswa SMP seringkali mengalami permasalahan dalam mengerjakan tugas. Hal ini juga terjadi pada siswa SMPN 2 Soko. Permasalahan yang sering terjadi adalah kecenderungan menunda-nunda segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan akademik. Lingkungan, teman-teman serta keluarga sangat berpengaruh dalam proses penyelesaian tugas, kurangnya mengembangkan pikiran yang lebih sehat dapat memicu banyaknya hambatan salah satunya mudah terpengaruh dengan teman yang mengajak untuk menunda pekerjaan sehingga terjadilah prokrastinasi akademik. Dengan adanya permasalah di sekolah tersebut maka peneliti memiliki tujuan untuk mereduksi prokrastinasi akademik dengan menerapkan teknik self management. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimen Design. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Posttest Design, yaitu jenis penelitian yang masih memungkinkan variabel luar untuk memberikan pengaruh terhadap variabel dependen. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 7 siswa dengan menggunakan konseling kelompok dan diberikan treatment selama 7 kali pertemuan. Berdasarkan uji normalitas, menyatakan bahwa nilai signifikansi pada Shapiro-Wilk adalah 0,903 dan 0,515 artinya nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Oleh karena itu, maka nilai residual berdistribusi normal. Selanjutnya uji t menunjukan angka yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan nilai signifikan (2-tailed) p = 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. penurunan yang awalnya rata-rata 180 (kriteria tinggi) setelah diberikan treatment menjadi rata-rata 73 (kriteria rendah). Dapat disimpulkan bahwa jumlah nilai antara sebelum dan sesudah diberikan treatment menurun secara signifikan dengan selisih rata-rata 107, hal ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self management efektif digunakan untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada siswa SMPN 2 Soko.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Management, Konseling Kelompok, Prokrastinasi Akademik |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | YUYUN EKA SRIWAHYUNI |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 04:50 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 02:07 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor DISTIRA, RISKI PUTRA AYU NIDN0702019301 Thesis advisor TAWAKKAL, M. IQBAL NIDN0707038802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6432 |