PENGARUH MODEL SELF-ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) BERBANTUAN GOOGLE SITES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE KEC. SINGGAHAN

HIDAYAH, NAILAL (2024) PENGARUH MODEL SELF-ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) BERBANTUAN GOOGLE SITES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE KEC. SINGGAHAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah penerapan model self-organized learning environment (SOLE) berbantuan google sites serta pengaruhnya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Islamiyah Kedungjambe Kec. Singgahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode desain pre-eksperimental dan menggunakan jenis One-Group Pretest Posttest Design dengan jumlah sampel 20 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 29 meliputi uji validitas untuk mengetahui valid tidaknya instrumen penelitian, uji reliabilitas untuk mengetahui reliabel atau tidak instrumen penelitian, uji normalitas untuk mengatahui data normal atau tidak,uji homogenitas untuk mengetahui data homogen atau tidak dan uji hipotesis untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
pada sampel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) langkah-langkah pembelajaran yaitu sebagai berikut: a. peneliti menyiapkan perangkat pembelajaran. b. peneliti memulai kelas. c. peneliti menjelaskan secara singkat materi pelajaran lalu memberikan pertanyaan. d. peserta didik membentuk kelompok dan mencari jawaban dengan media yang telah disiapkan. e. pesera didik mempresentasikan hasil temuan dan menyimpulkan bersama. f. peneliti mengakhiri kelas. (2) hasil uji hipotesis diketahui nilai R square (r²) sebesar 0,309, maka nilai koefisien sebesar 30,9%, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa model SOLE berbantuan google sites memberikan pengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Self-Organized Learning Environment (SOLE), Google Sites, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nailal Hidayah
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:00
Last Modified: 21 Aug 2024 08:00
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Mamlu'ah, Aya
NIDN2126079004
Thesis advisor
Fauziah, Zumrotul
NIDN2112119203
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6424

Actions (login required)

View Item
View Item