Susanti, Rina (2024) Mastering the Art of Speaking: Strategies Used by Prospective English Educators. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (30kB)
AWALAN .pdf
Download (928kB)
BAB I.pdf
Download (247kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (345kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (544kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (254kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (379kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi, pengalaman dan tantangan mahasiswa pendidikan bahasa Inggris semester dua dan empat sebagai calon pendidik bahasa Inggris dalam belajar berbicara bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi belajar berbicara serta pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner dan wawancara. Data dianalisis dengan mereduksi data, mendisplay data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran serta pengalaman dan tantangan yang dihadapi oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris sebagai calon pendidik menerapkan berbagai strategi, mereka menggunakan strategi memori untuk mengingat secara lebih efektif, strategi kognitif untuk memanfaatkan proses mental, dan strategi kompensasi untuk mengatasi kurangnya pengetahuan. Selain itu, mereka mengatur dan memonitor pembelajaran dengan strategi metakognitif, mengelola emosi dengan strategi afektif, dan belajar dengan orang lain melalui strategi sosial. (2) Mahasiswa sebagai calon pendidik menghadapi tantangan seperti kesulitan kosakata, kemalasan, dan rasa malu, tetapi dapat mengatasi hambatan ini dengan cara yang mudah dan latihan bertahap. Pembelajaran yang efektif melibatkan ketekunan dan metode yang menarik. (3) Kesulitan menemukan rekan belajar mempengaruhi kemampuan berbicara. Mereka mengatasi masalah ini dengan mengikuti instruksi, mencari umpan balik, mempersiapkan diri sebelum berbicara, dan berlatih melalui musik dan komik. Kecemasan berbicara dapat diatasi dengan persiapan, latihan, relaksasi, dan fokus pada pesan, yang efektif dalam membangun kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran bahasa, kemampuan berbicara, penelitian kualitatif, pengalaman berbicara, tantangan. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email 3120200201@unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:29 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:29 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED Lestari, Iin Widya NIDN0716118901 UNSPECIFIED Putri, Nanin Verina Widya NIDN0703039601 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6417 |