PENGARUH PENGGUNAAN ASESMEN FORMATIF DAN SUMATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL CAPAIAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MA ISLAMIYAH SENORI

SHOFY, MAULI MAMBAUS (2024) PENGARUH PENGGUNAAN ASESMEN FORMATIF DAN SUMATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL CAPAIAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MA ISLAMIYAH SENORI. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of AWALAN .pdf] Text
AWALAN .pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Akidah akhlak merupakan pendidikan yang sangat dibutuhkan para peserta didik, agar dapat mencerminkan dan menanamkan akhlak yang mulia di dalam jiwa anak dalam masa pertumbuhannya. Terlebihnya lagi di Madrasah Aliyah pelajaran akidah akhlak merupakan pelajaran yang penting dan harus ada. Faktor pendukung terpenting penunjang kesuksesan hasil capaian pembelajaran peserta didik ialah adanya penggunaan asesmen formatif dan sumatif yang baik. Semakin baik penggunaan asesmen formatif dan sumatif, Semakin juga baik hasil capaian pembelajaran akidah akhlak bagi peserta didik.
Pada penelitian ini dilakukan di sekolah MA Islamiyah Senori, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis kuantitatif korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peniliti ini adalah penyebaran angket, dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas X dengan populasi 173 dan diambil teknik sampel menggunakan teknik sistematic sampling terdapat 32 peserta didik digunakan sebagai sampel penelitian. Untuk mengukur variabel dalam penlitian ini terlebih dahulu peneliti melakukan uji instrumen yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan untuk mengukur pengaruh kedua variabel menggunakan rumus hipotesis korelasi Product moment.
Berdasarkan hasil data uji hipotesis korelasi product moment diketahui bahwa nilai Pearson Correlation 0,744 > nilai rtabel 0,349 dan nilai Sig, (2-tailed) 0,00 < 0,05 dapat diketahui bahwa H_a diterima dan H_o ditolak, jika nilai Pearson Correlation lebih kecil dari rtabel dan nilai Sig, (2-tailed) lebih besar dari 0,05 maka H_(o )diterima dan H_a ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel X berhubungan dengan variabel Y secara signifikan. Artinya ada pengaruh penggunan asesmen formatif dan sumatif dalam upaya meningkatkan hasil capaian pembelajaran akidah akhlak kelas X MA Islamiyah Senori.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Asesmen formatif dan sumatif, capaian pembelajaran akidah akhlak.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MAULI MAMBA'US SHOFY
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:38
Last Modified: 21 Aug 2024 07:08
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
KHUMAINI, FAHMI
NIDN2104099007
Thesis advisor
MUTHI'UDDIN, AHMAD
NIDN0701079402
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6412

Actions (login required)

View Item
View Item