SHOFY, MAULI MAMBAUS (2024) PENGARUH PENGGUNAAN ASESMEN FORMATIF DAN SUMATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL CAPAIAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MA ISLAMIYAH SENORI. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (349kB)
AWALAN .pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (536kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (570kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (531kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (684kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (379kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (412kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Akidah akhlak merupakan pendidikan yang sangat dibutuhkan para peserta didik, agar dapat mencerminkan dan menanamkan akhlak yang mulia di dalam jiwa anak dalam masa pertumbuhannya. Terlebihnya lagi di Madrasah Aliyah pelajaran akidah akhlak merupakan pelajaran yang penting dan harus ada. Faktor pendukung terpenting penunjang kesuksesan hasil capaian pembelajaran peserta didik ialah adanya penggunaan asesmen formatif dan sumatif yang baik. Semakin baik penggunaan asesmen formatif dan sumatif, Semakin juga baik hasil capaian pembelajaran akidah akhlak bagi peserta didik.
Pada penelitian ini dilakukan di sekolah MA Islamiyah Senori, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis kuantitatif korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peniliti ini adalah penyebaran angket, dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas X dengan populasi 173 dan diambil teknik sampel menggunakan teknik sistematic sampling terdapat 32 peserta didik digunakan sebagai sampel penelitian. Untuk mengukur variabel dalam penlitian ini terlebih dahulu peneliti melakukan uji instrumen yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan untuk mengukur pengaruh kedua variabel menggunakan rumus hipotesis korelasi Product moment.
Berdasarkan hasil data uji hipotesis korelasi product moment diketahui bahwa nilai Pearson Correlation 0,744 > nilai rtabel 0,349 dan nilai Sig, (2-tailed) 0,00 < 0,05 dapat diketahui bahwa H_a diterima dan H_o ditolak, jika nilai Pearson Correlation lebih kecil dari rtabel dan nilai Sig, (2-tailed) lebih besar dari 0,05 maka H_(o )diterima dan H_a ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel X berhubungan dengan variabel Y secara signifikan. Artinya ada pengaruh penggunan asesmen formatif dan sumatif dalam upaya meningkatkan hasil capaian pembelajaran akidah akhlak kelas X MA Islamiyah Senori.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen formatif dan sumatif, capaian pembelajaran akidah akhlak. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MAULI MAMBA'US SHOFY |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 04:38 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 07:08 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor KHUMAINI, FAHMI NIDN2104099007 Thesis advisor MUTHI'UDDIN, AHMAD NIDN0701079402 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6412 |