Wulan, Rujuk Nawang (2024) PENERAPAN TEKNIK SELF EXPRESSION DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS GESTALT UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI KELAS X 1 DI SMA DARUL ULUM KEPOHBARU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (11kB)
AWALAN.pdf
Download (448kB)
BAB I.pdf
Download (220kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (472kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (158kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (222kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB) | Request a copy
Abstract
Kesadaran diri adalah kemampuan untuk mengenali perasaan diri sendiri, mengapa melakukan hal tersebut, dan akibatnya terhadap orang lain, sehingga menjadi pemandu pengambilan keputusan dan tolak ukur yang realistis terhadap kemampuannya dengan kepercayaan diri yang kuat. Kesadaran diri meliputi 3 aspek yaitu kecerdasan emosional, penilaian diri yang akurat, dan kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan penerapan teknik self expression dengan bimbingan kelompok berbasis Gestalt untuk meningkatkan kesadaran diri diri siswa kelas X 1 di SMA Darul Ulum Kepohbaru. Rancangan penelitian ini yaitu menggunakan penelitian pre eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 138 siswa dengan sampel sebanyak 100 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode skala psikologi kesadaran diri, observasi, dan wawancara. Hasil data penelitian dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk dan uji reliabilitas menggunakan nilai alpha cronbach, uji Wilcoxon dan uji paired sample T-test dengan menggunakan SPSS 2.4. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat 4% kategori tinggi, 82% kategori sedang dan 14 % dengan kategori rendah. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai 0,001 yang berarti nilai signifikansi < 0,05. Hasil uji paired T-test menunjukkan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha di terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test. Sebelum diberikan treatment ditemukan tingkat kesadaran diri rendah dan sesudah diberikan treatment sebanyak 7 kali pertemuan kesadaran diri siswa meningkat dan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self expression ini efektif untuk meningkatkan kesadaran diri siswa SMA Darul Ulum Kepohbaru.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Expression,Bimbingan Kelompok,Kesadaran Diri |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 154 Psikologi bawah sadar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | RUJUK NAWANG WULAN |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 02:38 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 02:38 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Novitasari, Zeti NIDN0711118702 Thesis advisor Cahyaningrum, Vesti Dwi NIDN0715049401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6383 |