Rosanti, Ulfa (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (60kB)
AWALAN.pdf
Download (649kB)
BAB I.pdf
Download (318kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (597kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (572kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (237kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (395kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalah di kelas VII SMP Negeri 1 Kasiman yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII yang masih kurang, hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta didik kesulitan dalam belajar materi matematika yang ada, salah satunya pada materi segitiga dan segiempat dikarenakan peserta didik kurang memahami bentuk soal cerita dan kesulitan mengubah soal cerita ke bentuk matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis media gambar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Kasiman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan teknik analisis uji-t. Desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini didapatkan melalui teknik random sampling, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode tes. Berdasarkan perhitungan uji-t dapat dikatakan bahwa H0 diterima dan H1 tidak diterima atau tidak ada perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) berbasis media gambar dengan hanya menggunakan strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) saja. Akan tetapi keseluruhan bahwasannya strategi CTL (Contextual Teaching And Learning) berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CTL (Contextual Teaching And Learning), Media gambar, Pemecahan masalah matematis, segitiga dan segiempat. |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 512 Aljabar 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 513 Aritmatika, Aritmetika 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 516 Ilmu ukur, geometri |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ULFA ROSANTI |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 03:06 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 03:06 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fitri, Anisa NIDN0719049202 Thesis advisor Cindarbumi, Festian NIDN0709068903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6365 |