MUHAIMIN, MUHAIMIN (2021) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SMP IT SYAKUR AL MARZUQI BARENG NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
cover.pdf
Download (873kB)
awalan.pdf
Download (2MB)
bab 1.pdf
Download (941kB)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (969kB) | Request a copy
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (996kB) | Request a copy
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
bab 5.pdf
Download (1MB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Metode Yanbu’a adalah metode membaca, menulis dan menghafal Al Qur’an yang diperkenalkan dan disebarkan oleh Pondok Tahfidh Yanbu’ul Quran Kudus. Di dalam kitab Yanbu’a berisi materi yang meliputi Thariqoh baca tulis dan menghafal Al-Quran. Disebutkan bahwa dalam belajar Al-Quran ada tiga cara yaitu pendidik membaca dulu kemudian murid menirukan, murid membaca, pendidik mendengarkan bila ada yang salah maka dibenarkan, dan yang terakhir pendidik membaca murid mendengarkan. Metode Yanbu’a yaitu metode membaca dan menghafal Al-Quran yang dilengkapi dengan memilih pembelajaran membaca dan teknik penyampaiannnya kepada anak-anak didik yang dirasa sangat mudah, efektif dan universal. Penellitian ini bertujuan untuk mendeskripskan implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di SMP IT Syakur Al Marzuqi Bareng Ngasem Bojonegoro dan Mendeskripskan hambatan-hambatan dari penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di SMP IT Syakur Al Marzuqi Bareng Ngasem Bojonegoro, dan usaha guru SMP IT Syakur Al Marzuqi Bareng dalam mengatasi hambatan tersebut Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif karena peneliti ingin mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Yanbu’a dalam SMP IT Syakur Al Marzuqi Bareng Ngasem dan implementasinya dalam meningkatkan hafalan Al Qur'an siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif karena kehadiran peneliti sangat mudah untuk mendiskripkan subyek yang di teliti. Menurut Bogdan dan Taylor yang dikutip oleh Moleong, pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati Penerapan Metode Yanbu’a di SMP IT Syakur Al Marzuqi Bareng Ngasem Bojonegoro dilakukan secara bertahap sebagai berikut : 1.Tahap pra Intruksional (tahap pembuka), 2. Tahap Intruksional (tahap pelajaran inti), yaitu a. penyampaian materi dengan metode yanbu’a mulai dari pelajaran utama, pelajaran pelengkap, latihan menulis , mengahafal Al-Qur’an, dan pelajaran pelajaran tambahan, b. sorogan kepada ustadz/ustadzahnya, dengan maju satu persatu guru akan lebih mudah mengetahui pekembangan baca, tulis, hafalan siswa. Dari hasil penerapan ini, kuwalitas pengetahuan ilmu siswa tentang pembelajaran Al-Qur’an di SMP IT Syakur Al Marzuqi Bareng sangat meningkat.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Yanbu’a, Hafalan Al Qur’an |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 02:38 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 02:38 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MIFTAH, ZAINI UNSPECIFIED Thesis advisor FAUZIAH, ZUMROTUL UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/636 |