IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VIII

Oktaviani, Retno Dwi (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VIII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5 .pdf] Text
BAB 5 .pdf

Download (287kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mengimplementasikan pendekatan pembelajaran Open-Ended guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Pendekatan Open-Ended adalah strategi pembelajaran yang menekankan pada pemberian masalah yang memiliki lebih dari satu solusi benar, sehingga mendorong siswa untuk berpikir lebih terbuka dan kreatif dalam menemukan berbagai jawaban. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk penelitian dengan populasi atau sampel tertentu, pengambilan sampel dengan cara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, dan analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil analisis data awal melalui nilai tes tahap awal menunjukkan bahwa kedua kelas yang dipilih berdistribusi normal, homogen dan memiliki kesamaan rata – rata yang signifikan. penggunaan kemampuan berfikir kreatif siswa dengan pendekatan Open-Ended berpengaruh terhadap berhasilnya proses pembelajaran dibuktikan dengan nilai post-test kelas eksperimen lebih baik dari nilai post-test kelas kontrol. Penggunaan kemampuan berfikir kreatif siswa dengan pendekatan Open-Ended tepat dan sesuai dengan indikator kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Pythagoras sehingga berdampak pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menjadi lebih baik. Implementasi pembelajaran Open-Ended sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif pada siswa kelas VIII. Pendekatan Open-Ended menekankan pada penyelesaian masalah yang melibatkan pemikiran kreatif, di mana siswa didorong untuk menjelajahi berbagai solusi dan ide-ide baru tanpa batasan yang ketat. Peningkatan kemampuan berfikir kreatif pada siswa kelas VIII merupakan aspek penting dalam pendidikan kontemporer yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan dunia modern yang kompleks dan terus berkembang.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Open-Ended, Befikir kreatif, Tripel Phytagoras, pemecahan masalah
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 511 Prinsip-prinsip umum matematika
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 512 Aljabar
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 513 Aritmatika, Aritmetika
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 519 Probabilitas dan matematika terapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: RETNO DWI OKTAVIANI
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:10
Last Modified: 19 Aug 2024 02:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Kurniawati, Naning
NIDN0718098503
Thesis advisor
Cindarbumi, Festian
NIDN0709068903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6324

Actions (login required)

View Item
View Item