PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ULUM UNGGULAN SUKOREJO BOJONEGORO

ANGGRAINI, DIAN PUSPIT (2021) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ULUM UNGGULAN SUKOREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf] Text
COVER SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of AWALAN SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf] Text
AWALAN SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1 SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf] Text
BAB 1 SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf] Text
BAB II SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf] Text
BAB III SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf] Text
BAB IV SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf] Text
BAB V SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAPUS SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf] Text
DAPUS SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf] Text
LAMPIRAN SKRIPSI DIAN PUSPITA ANGGRAINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan yang idealnya dilaksanakan secara langsung bertatap muka saat ini berbanding terbalik. Pandemi menjadi salah satu hambatan dalam proses pendidikan, begitu juga dengan penerapan pendidikan karakter. Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Unggulan Sukorejo merupakan salah satu madrasah di bojonegoro yang memiliki program – program unggulan salah satunya adalah pendidikan karakter yaitu karakter religius. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan Penerapan dan hambatan serta solusi dalam penerapan pendidikan karakter religius di masa pandemi Covid _19 di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Unggulan Sukorejo Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun instrumen penelitian yang adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian sumber data pada penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, ustad – uztadzah serta siswa siswi. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah (1) penerapan pendidikan karakter religius yang diterapkan masa pandemi adalah taat kepada Allah SWT, menghormati orang lain, sopan, dan rajin (2) Hambatan-hambatan pada masa pandemi adalah pembiasaan banyak yang dilupakan, waktu di madrasah tidak maksimal dan arahan orang tua sangat kurang. (3) Solusi yang diterapkan pada masa pandemi adalah pengamatan dan evaluasi, Pendidikan yang idealnya dilaksanakan secara langsung bertatap muka saat ini berbanding terbalik. Pandemi menjadi salah satu hambatan dalam proses pendidikan, begitu juga dengan penerapan pendidikan karakter. Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Unggulan Sukorejo merupakan salah satu madrasah di bojonegoro yang memiliki program – program unggulan salah satunya adalah pendidikan karakter yaitu karakter religius. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan Penerapan dan hambatan serta solusi dalam penerapan pendidikan karakter religius di masa pandemi Covid _19 di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Unggulan Sukorejo Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun instrumen penelitian yang adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian sumber data pada penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, ustad – uztadzah serta siswa siswi. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah (1) penerapan pendidikan karakter religius yang diterapkan masa pandemi adalah taat kepada Allah SWT, menghormati orang lain, sopan, dan rajin (2) Hambatan-hambatan pada masa pandemi adalah pembiasaan banyak yang dilupakan, waktu di madrasah tidak maksimal dan arahan orang tua sangat kurang. (3) Solusi yang diterapkan pada masa pandemi adalah pengamatan dan evaluasi, ekstra dalam monitoring dan pembentukan tim penegak kedisiplinan dari siswa.ekstra dalam monitoring dan pembentukan tim penegak kedisiplinan dari siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan, pendidikan karakter religius, masa pandemi.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 08 Apr 2022 06:49
Last Modified: 08 Apr 2022 06:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ROFI’AH, FIRDA ZAKIYATUR
UNSPECIFIED
Thesis advisor
MIFTAH, ZAINI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item
View Item