The Opportunities and Chaallenges in Promoting Students' Engagement in Speaking English: Teachers' Perspectives

Nuriya, Sinta (2024) The Opportunities and Chaallenges in Promoting Students' Engagement in Speaking English: Teachers' Perspectives. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of AWALAN..pdf] Text
AWALAN..pdf

Download (758kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (808kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi tantangan dan peluang yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Berdasarkan fenomena yang di alami guru bahasa inggris dan hasil pengamatan, diskusi peneliti selama melaksanakan PLP di SMA N 1 Kalitidu dengan guru bahasa inggris disana. Selama proses pembelajaran di kelas mereka masih susah, bingung menghadapi tantangan untuk meningkatkan belajar bahasa inggris khususnya speaking dan menggunakan peluang yang tepat. Penelitian dilakukan di tiga sekolah menengah atas di Bojonegoro selama tahun ajaran 2023-2024. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan tiga guru bahasa Inggris di SMA N 1 Baureno, SMA N 1 Kalitidu, dan SMA N 1 Malo. Studi ini mengidentifikasi tiga peluang utama untuk meningkatkan keterlibatan siswa: menggunakan teknik menghafal, melaksanakan pelajaran di luar kelas, dan memfasilitasi diskusi kelompok. Peluang ini dimanfaatkan dengan mendorong siswa untuk membentuk kalimat sebelum berbicara, mengorganisir kunjungan ke tempat-tempat seperti pasar atau taman untuk berlatih berbicara, dan memilih permainan peran yang sesuai berdasarkan kebutuhan siswa. Tantangan yang dihadapi meliputi kurangnya antusiasme dan kosakata siswa, rendahnya kepercayaan diri, waktu kelas yang terbatas, ketidakhadiran siswa, dan masalah teknis seperti konektivitas internet. Untuk mengatasi tantangan ini, guru menerapkan strategi seperti memberi penghargaan kepada siswa, sesi latihan rutin dengan kosakata baru, memotivasi siswa untuk membangun kepercayaan diri, dan menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan mendukung.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Peluang,tantangan,perspektif,keterampilan berbicara
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 410 Linguistik > 410 Linguistik
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Sinta Nuriya
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:27
Last Modified: 19 Aug 2024 07:27
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Tauchid, Ahmad
NIDN0726078701
Thesis advisor
Zumrudiana, Ainu
NIDN0722128605
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6250

Actions (login required)

View Item
View Item