IMPLEMENTASI MEDIA DIGITAL QUR’AN MEMORIZATION TOOLS DALAM MENGAKSELERASI HAFALAN DI MTs TAUHIDIYAH 1 BUBULAN

ROZIQI, AHMAD IDHOM (2024) IMPLEMENTASI MEDIA DIGITAL QUR’AN MEMORIZATION TOOLS DALAM MENGAKSELERASI HAFALAN DI MTs TAUHIDIYAH 1 BUBULAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (789kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media Qur’an Digital Memorization Tools (QMT) merupakan salah satu media menghafal AlQur’an dengan memanfaatkan teknologi yang menggunakan sebuah aplikasi yang dikenal dengan aplikasi hafizh. Aplikasi hafizh adalah aplikasi pertama di Indonesia yang memandu kita untuk menghafal Al- Qur’an secara komprehensif. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan media digital Memorization Tools agar mempercepat hafalan Qur’an dan hasil implementasi menggunakan media Qur’an Memorization Tools dalam pembelajaran tahfid Qur’an di MTs Tauhidiyah 1 Bubulan. Untuk mengetahui hasil implementasi menggunakan media digital Qur’an Memorization Tools di MTs Tauhidiyah 1 Bubulan. Media penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merupakan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan cara berfikir induktif yaitu menarik kesimpulan dari fakta-fakta yang bersifat empiris kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tingkat keberhasilan dari penerapan media Qur’an Digital Memorization tools dalam akselerasi hafalan siswa bisa dikatakan berhasil karena terbukti nilai yang diperoleh pada siswa sudah melebihi KKM dari sekolah yakni 75. 2) Hasil implementasi Qur’an Digital Memorization tools di MTs Tauhidiyah 1 Bubulan menunjukkan bahwa siswa-siswi menjadi relatif lebih cepat dalam menghafal yang diindikasikan dengan semakin lancar membaca Al-Qur’an, semakin bagus pelafalan, semakin singkat waktu yang dibutuhkan untuk menghafal, dan semakin panjang ayat yang dapat dihafalkan

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Digital Qur’an Media, Qur’an Memorization Tools, Memorizing
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AHMAD IDHOM ROZIQI
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:56
Last Modified: 19 Aug 2024 04:56
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rahmawati, Ulva Badi'
NIDN2108088801
Thesis advisor
Mamlu'ah, Aya
NIDN2126079004
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6234

Actions (login required)

View Item
View Item