ROZIQI, AHMAD IDHOM (2024) IMPLEMENTASI MEDIA DIGITAL QUR’AN MEMORIZATION TOOLS DALAM MENGAKSELERASI HAFALAN DI MTs TAUHIDIYAH 1 BUBULAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (550kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (789kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (929kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (670kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (854kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (604kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (678kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Media Qur’an Digital Memorization Tools (QMT) merupakan salah satu media menghafal AlQur’an dengan memanfaatkan teknologi yang menggunakan sebuah aplikasi yang dikenal dengan aplikasi hafizh. Aplikasi hafizh adalah aplikasi pertama di Indonesia yang memandu kita untuk menghafal Al- Qur’an secara komprehensif. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan media digital Memorization Tools agar mempercepat hafalan Qur’an dan hasil implementasi menggunakan media Qur’an Memorization Tools dalam pembelajaran tahfid Qur’an di MTs Tauhidiyah 1 Bubulan. Untuk mengetahui hasil implementasi menggunakan media digital Qur’an Memorization Tools di MTs Tauhidiyah 1 Bubulan. Media penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merupakan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan cara berfikir induktif yaitu menarik kesimpulan dari fakta-fakta yang bersifat empiris kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tingkat keberhasilan dari penerapan media Qur’an Digital Memorization tools dalam akselerasi hafalan siswa bisa dikatakan berhasil karena terbukti nilai yang diperoleh pada siswa sudah melebihi KKM dari sekolah yakni 75. 2) Hasil implementasi Qur’an Digital Memorization tools di MTs Tauhidiyah 1 Bubulan menunjukkan bahwa siswa-siswi menjadi relatif lebih cepat dalam menghafal yang diindikasikan dengan semakin lancar membaca Al-Qur’an, semakin bagus pelafalan, semakin singkat waktu yang dibutuhkan untuk menghafal, dan semakin panjang ayat yang dapat dihafalkan
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Qur’an Media, Qur’an Memorization Tools, Memorizing |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AHMAD IDHOM ROZIQI |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 04:56 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 04:56 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Rahmawati, Ulva Badi' NIDN2108088801 Thesis advisor Mamlu'ah, Aya NIDN2126079004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6234 |