LAILIYAH, NURUL (2021) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA LOOSE PART DI RA MAMBAUL ULUM 2 WADANG NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
Cover Pdf.pdf
Download (360kB)
Awalan.pdf
Download (3MB)
BAB 1.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (1MB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Sedangkan media loose part merupakan salah satu media bahan ajar yang dapat dilepas, dirangkai, dan dimodifikasi sesuai kesenangan. Penggunaan media loose part menjadikan pembelajaran anak lebih bervariasi dan menunjang kekreativitasan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kreativitas anak melalui media loose part di RA Mambaul Ulum 2 Wadang Ngasem Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif, yakni dengan cara mendeskrepsikan apa yang terjadi di lembaga RA Mambaul Ulum 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kreativitas anak melalui media loose part, sedangkan data tambahan berupa dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran anak semakin bervariasi, meningkatnya kreativitas anak dari bulan ke bulan, hal ini di buktikan dengan hasil karya anak setiap bulanya. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kreativitas anak dapat digambarkan dengan adanya perencanaan, yakni berupa pembuatan RPP sebelum pelaksanaan pembalajaran. Pelaksanaan pembelajaran, yakni proses pembelajaran, dimana anak berperan aktif dalam menggunakan media loose part. Selain kreativitas anak juga dapat memecahkan masalah dengan sendiri. Evaluasi, berupa penilaian hasil karya dan pengamatan secara langsung oleh guru kelas. Ada 2 faktor yang mempengari dalam upaya meningkatkan kreativitas anak yakni faktor penghambat dan pendorong, yang paling dominan adalah faktor pendorong.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas anak, Media loose Part |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 02:46 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 02:46 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NI’MAH, ROUDLOTUN UNSPECIFIED Thesis advisor KARTINI, ALIF YUANITA UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/622 |