PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN SISWA

SETIYOWATI, DENIK FITRI (2024) PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti menyelesaikan permasalahan dalam menggunakan media dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi, pemahaman dan keaktifan siswa dimana siswa akan merasakan pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya dan siswa bisa menjadi lebih mudah memahami dengan inovasi guru tersebut. Dimana pembelajaran yang nantinya bisa membuat siswa lebih aktif, dan menambah daya fikirnya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, untuk mengetahui peningkatan siswa dalam belajar menggunakan media interktif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan instrumen angket dan wawancara kepada siswa kelas sepuluh, Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sepuluh yaitu sebanyak 20 orang. Analisis data yang digunakan adalah mendeskripsikan data dari Creswell.
Hasil penelitian ini adalah (1) siswa mengalami peningkatan motivasi setelah menggunakan media interaktif untuk pembelajaran dalam semangat belajar, rajin belajar dan termotivasi. (2) siswa mengalami peningkatan dalam pemahaman karena penjelasan menggunakan media media sangat mudah dipahami, peningkatan dalam mandiri belajar, membantu daya fikir, minat dengan materi yang berbeda dsan bisa mengerjakan soal.(3) siswa mengalami peningkatan dalam keaktifan terlihat dari siswa lebih aktif bertanya, mengamati materi dan memperhatikan pembelajaran. Pembelajaran menggunakan media interaktif bisa untuk meningkatkan motivasi, pemahaman dan keaktifan siswa, dimana siswa bisa menjadi lebih termotivasi di pembelajaran dengan ditunjukan dari semangat siswa. Siswa juga bisa memahami materi dengan mudah ditujukan dari bisa mengerjakan soal dan daya fikirnya. Siswa menjadi lebih aktif ditujukan dari yang dulunya siswa tidak pernah bertanya menjadi bertanya setelah memahami materi mengunakan media. Namun masih ada beberapa siswa yang belum bisa termotivasi, memahami dan aktif dalam belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Motivasi, Pemahaman, Keaktifan
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Denik Fitri Setiyowati
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:38
Last Modified: 16 Aug 2024 04:47
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
KURNIAWATI, NANING
NIDN0718098503
Thesis advisor
CINDARBUMI, FESTIAN
NIDN0709068903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6212

Actions (login required)

View Item
View Item