KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA SISWA MA MANBA’UL ULUM KLEPEK

ANGGRAINI, DEVI (2024) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA SISWA MA MANBA’UL ULUM KLEPEK. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdhatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (981kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (868kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (668kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Stres akademik tinggi merupakan suatu kondisi dimana individu mengalami perasaan tegang dan tidak nyaman yang disebabkan karena ketidakseimbangan antara keinginan dan kemampuan dalam menghadapi tuntutan belajar, sehingga akan menghambat pencapaian belajar baik akademik maupun non akademik. Layanan konseling kelompok dengan teknik self management dapat efektif mengurangi stres akademik. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik self management yang dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling untuk mengurangi stres akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji efektifitas one group pretest posttest. Dilakukan pada siswa kelas XI MA Manba'ul Ulum Klepek dengan menggunakan 94 sampel sekolahan. Pengumpulan data menggunakan instrumen stres akademik, teknik purposive sampling untuk memilih satu kelompok (7 siswa) dari 94 siswa sebagai responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik melalui uji paired t test. Hasil uji paired t test dengan spss versi 26 menyatakan bahwa hasilnya memenuhi kriteria keilmuan bimbingan dan konseling dan dapat diterima oleh guru bimbingan dan konseling. Hasil uji paired t test kepada siswa diketahui konseling kelompok dengan teknik self management efektif mengurangi stres akademik (sig 2 - tailed=-0.000, p=<0.05). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan sasaran lebih luas dan jenjang pendidikan yang lainnya, sehingga dapat diketahui hasil penelitian yang lebih luas dan dapat dikembangkan serta digunakan terhadap jenjang pendidikan yang lainnya. Selanjutnya bagi guru BK profesional dapat menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi stres akademik konseli.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, self management, stres akademik
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Devi Anggraini
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:06
Last Modified: 16 Aug 2024 08:06
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ayu Distira, Riski Putra
NIDN0702019301
Thesis advisor
Efendi, Moh Yusuf
NIDN0702019301
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6201

Actions (login required)

View Item
View Item