DEVELOPING LOCAL WISDOM-BASED READING MATERIALS FOR VOCATIONAL SCHOOLS BASED ON THE INDEPENDENT CURRICULUM

MA'RUFAH, SITI (2024) DEVELOPING LOCAL WISDOM-BASED READING MATERIALS FOR VOCATIONAL SCHOOLS BASED ON THE INDEPENDENT CURRICULUM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan bahan bacaan tambahan bertujuan untuk merancang bahan pembelajaran yang sesuai bagi siswa kelas XI untuk belajar bahasa Inggris di SMKN 4 Bojonegoro. Produk ini dikembangkan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi siswa akibat kurangnya buku yang cocok. Pengembangan produk ini didasarkan pada kebutuhan dan minat siswa. Siswa yang mengalami kesulitan membaca tidak dapat dengan mudah memahami materi yang diberikan. Selain itu, membaca dalam kurikulum mandiri merupakan salah satu keterampilan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca. Penggunaan bahan bacaan berbasis kearifan lokal juga dapat meningkatkan pemahaman membaca dan memotivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RnD) yang menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan. Dalam mengembangkan produk ini adalah analisis kebutuhan. Pada fase ini, peneliti menggunakan dua instrumen yaitu kuesioner dan wawancara. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan informasi dari siswa, sedangkan wawancara digunakan untuk mengumpulkan informasi dari guru Bahasa Inggris, validasi ahli setelah produk dikembangkan, dan persepsi siswa setelah uji coba produk. Semua hasil validasi ahli. Ahli media sebesar 94%, ahli materi sebesar 97,6%. Angket penilaian guru bahasa inggris telah mencapai 98%, dan angket penilaian siswa telah mencapai 96% dengan respon positif yang mencapai kategori “Sangat Baik”. E-modul dapat digunakan sebagai bahan bacaan tambahan untuk pengajaran Bahasa Inggris khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan Bacaan Tambahan, Kurikulum Mandiri, Kearifan Lokal, Sekolah Menengah Kejuruan.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Siti Ma'rufah
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:37
Last Modified: 16 Aug 2024 03:37
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Lestari, Iin Widya
NIDN0716118901
Thesis advisor
Zumrudiana, Ainu
NIDN0722128605
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6191

Actions (login required)

View Item
View Item