PENGEMBANGAN ASESMEN SUMATIF BERBASIS GIMKIT PADA AKHIR LINGKUP MATERI KETENTUAN PERNIKAHAN DALAM ISLAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI SMAN KALITIDU

SAPTARINI, DWI PUNGKI (2024) PENGEMBANGAN ASESMEN SUMATIF BERBASIS GIMKIT PADA AKHIR LINGKUP MATERI KETENTUAN PERNIKAHAN DALAM ISLAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI SMAN KALITIDU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (884kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (786kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (791kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Asesmen sumatif merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan sehingga asesmen ini dilakukan di akhir lingkup materi, akhir semester atau akhir tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen asesmen sumatif berbasis gimkit dari segi validitas, reliabilitas kepraktisan dan keterbacaan asesmen. Penelitian ini adalah penelitian R&D yang menggunakan model ADDIE dimana tahapan penelitiannya meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi dan uji coba lapangan. Validasi oleh ahli asesmen dan ahli materi memperoleh data mengenai validitas isi, validitas konstruk, validitas perwajahan dan keterbacaan. Uji coba lapangan dilakukan untuk mendapatkan data dari pendidik dan peserta didik. Data yang diperoleh dari pendidik dan peserta didi berupa kepraktisan dan keterbacaan. Data dari validitas soal dan reliabilitas asesmen diperoleh dari analisis model rasch menggunakan aplikasi ministep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek validitas memperoleh presentase rata-rata 81,5 % yang mana pada aspek ini termasuk kategori layak. Validitas soal yang terdiri dari 20 butir soal memperoleh kategori valid. Aspek reliabilitas memeperoleh nilai 0,74 dari segi person reliability yang termasuk dalam kategori cukup, 0,88 dan 0,74 dari segi item reliability dan alpha cronbach yang mana termasuk dalam kategori bagus. Pada aspek kepraktisan mendapat skor presentase rata-rata 90,51% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dalam aspek keterbacaan mendapat presentase rata-rata 82,92% yang mana pada aspek ini termasuk dalam kategori layak. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada pengembangan asesmen sumatif ini dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Asesmen Sumatif, Gimkit
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dwi Pungki Saptarini
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:04
Last Modified: 16 Aug 2024 04:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aufa, Ari Abi
NIDN2107057802
Thesis advisor
Anisah, Giati
NIDN2104079104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6182

Actions (login required)

View Item
View Item