MIDIAWATI, KUMAITA (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN CONTEXTUAL PROBLEMS BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA). Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (90kB)
AWALAN.pdf
Download (728kB)
BAB I.pdf
Download (438kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (576kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (469kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (897kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (335kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (448kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika kontekstual. Kemampuan penyelesaian masalah kontekstual dapat memberikan kesempatan yang baik untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari. Newman’s Error Analysis (NEA) merupakan salah satu metode untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan kata matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) pada materi aritmatika sosial yag terdiri dari 5 tahap kesalahan. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Dalam pemilihan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengacu pada analisis data Miles and Huberman. Serta uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pada proses penyelesaian masalah kontekstual siswa melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah, transformasi masalah, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Presentase kesalahan memahami masalah diperoleh sebesar 34,44%, kesalahan transformasi masalah sebesar 81,11%, kesalahan keterampilan proses sebesar 31,11% dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 26,66%. Tahap kesalahan yang banyak dilakukan yaitu pada tahap transformasi masalah. Penyebab siswa melakukan kesalahan dalam penyelesaian masalah kontekstual berupa kurang memahami materi, kurangnya kemampuan dalam mentransformasikan soal ke model matematika, tidak mengetahui rumus, kurangnya ketelitian dalam melakukan perhitungan, kurangnya kesadaran untuk memeriksa jawaban kembali dan telah melakukan kesalahan pada tahap sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, NEA, Kontekstual Problem, Aritmatika Sosial |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kumaita Midiawati |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 03:13 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 03:13 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor KURNIAWATI, NANING NIDN0718098503 Thesis advisor FATHONI, M. IVAN ARIFUL NIDN070519103 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6170 |