PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN W-MATH DENGAN KONSEP GAMIFICATION ETHNOMATHEMATICS BERBASIS WEB

WAHYUNINGTIAS, ALIVIA RIZKI ISMA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN W-MATH DENGAN KONSEP GAMIFICATION ETHNOMATHEMATICS BERBASIS WEB. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di Indonesia diwajibkan untuk menyesuaikan perkembangan teknologi guna peningkatan mutu Pendidikan dan proses pembelajaran. Mudahnya informasi yang bisa didapatkan di internet, menjadikan peserta didik cenderung untuk belajar dari sumber internet dibandingkan dengan media lainnya. Pendidik sebagai fasilitator pembelajaran harus mampu menyediakan fasilitas dan media yang memudahkan peserta didik dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran W-MATH Dengan Konsep Gamification Ethnomathematics Berbasis Web dan untuk mengetahui kelayakan Media Pembelajaran W-MATH Dengan Konsep Gamification Ethnomathematics Berbasis Web.

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar respon angket peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Balen dengan 14 peserta didik kelas VIII.

Hasil dari penelitian ini memperoleh presentase tingkat validasi 91,1% oleh ahli matei, 94% oleh ahli media, dan tingkat kelayakan 89,60% oleh peserta didik. Hasil ini termasuk dalam kriteria “sangat valid” dan “sangat layak”, sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran W-MATH Dengan Konsep Gamification Ethnomathematics Berbasis Web ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Gamifikasi, Etnomatematika, Web
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Alivia Rizki Isma Wahyuningtias
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:46
Last Modified: 16 Aug 2024 02:46
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SARI, ASTRID CHANDRA
NIDN0721059101
Thesis advisor
KURNIAWATI, NANING
NIDN0718098503
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6159

Actions (login required)

View Item
View Item