PENGGUNAAN APLIKASI EXAMBRO SEBAGAI INSTRUMEN ASESMEN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN PAI & BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEDUNGADEM

PRAMESTIANI, NUR INDAH (2024) PENGGUNAAN APLIKASI EXAMBRO SEBAGAI INSTRUMEN ASESMEN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN PAI & BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEDUNGADEM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin pesat telah memberikan dampak yang signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam proses evaluasi pembelajaran. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran adalah Exambro, sebuah aplikasi yang dirancang untuk mendukung pelaksanaan asesmen berbasis digital. Dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti penggunaan exambro diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses asesmen sumatif terutama di SMA Negeri 1 Kedungadem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari wawancara struktur kepada kepala sekolah, guru PAI & Budi Pekerti kelas X dan 6 siswa kelas X, Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi berupa dokumen terkait penggunaan Aplikasi Exambro sebagai instrumen asesmen sumatif dan dokumen- dokumen resmi terkait profil sekolah SMA Negeri 1 Kedung Adem. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut : (1). Penggunaan aplikasi exambro sebagai instrumen asesmen sumatif pada pembelajaran PAI & Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 1 Kedungadem terdapat tiga tahapan dalam penggunaan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2). Hasil dari penggunaan aplikasi exambro sebagai instrumen asesmen sumatif pada pembelajaran PAI & Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 1 Kedungadem yaitu penggunaan aplikasi exambro sebagai instrumen asesmen sumatif dapat meningkatkan efisiensi & integritas penilaian asesmen serta banyak dari persepsi siswa dan guru yang senang dan setuju dengan digunakanya aplikasi exambro sebagai instrumen asesmen sumatif pada pembelajaran PAI & Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 1 Kedungadem.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Exambro, Asesmen Sumatif, PAI dan Budi Pekerti
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Indah Pramestiani
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:27
Last Modified: 16 Aug 2024 03:27
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSHUR, AHMAD
NIDN2122037701
Thesis advisor
ULFA, ULFA
NIDN2121067401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6155

Actions (login required)

View Item
View Item