PRAMESTIANI, NUR INDAH (2024) PENGGUNAAN APLIKASI EXAMBRO SEBAGAI INSTRUMEN ASESMEN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN PAI & BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEDUNGADEM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (373kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (460kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (706kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (656kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (710kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (353kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (405kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kemajuan teknologi yang semakin pesat telah memberikan dampak yang signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam proses evaluasi pembelajaran. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran adalah Exambro, sebuah aplikasi yang dirancang untuk mendukung pelaksanaan asesmen berbasis digital. Dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti penggunaan exambro diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses asesmen sumatif terutama di SMA Negeri 1 Kedungadem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari wawancara struktur kepada kepala sekolah, guru PAI & Budi Pekerti kelas X dan 6 siswa kelas X, Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi berupa dokumen terkait penggunaan Aplikasi Exambro sebagai instrumen asesmen sumatif dan dokumen- dokumen resmi terkait profil sekolah SMA Negeri 1 Kedung Adem. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut : (1). Penggunaan aplikasi exambro sebagai instrumen asesmen sumatif pada pembelajaran PAI & Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 1 Kedungadem terdapat tiga tahapan dalam penggunaan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2). Hasil dari penggunaan aplikasi exambro sebagai instrumen asesmen sumatif pada pembelajaran PAI & Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 1 Kedungadem yaitu penggunaan aplikasi exambro sebagai instrumen asesmen sumatif dapat meningkatkan efisiensi & integritas penilaian asesmen serta banyak dari persepsi siswa dan guru yang senang dan setuju dengan digunakanya aplikasi exambro sebagai instrumen asesmen sumatif pada pembelajaran PAI & Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 1 Kedungadem.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Exambro, Asesmen Sumatif, PAI dan Budi Pekerti |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Indah Pramestiani |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 03:27 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 03:27 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MANSHUR, AHMAD NIDN2122037701 Thesis advisor ULFA, ULFA NIDN2121067401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6155 |