Developing Eco-ELT-Based Textbook for Young Learners

NADIYAH, FARIDATUN (2024) Developing Eco-ELT-Based Textbook for Young Learners. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (568kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan buku teks berbasis Eco-ELT untuk pembelajar muda. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Four D). Peneliti melakukan tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD sebanyak 31 siswa, 14 siswa dari SDN Glagahwangi 1, dan 17 siswa dari SDN Glagahwangi 2. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan wawancara dan angket skala Likert. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Untuk mengetahui kesesuaian produk diperoleh dari hasil uji coba dan respon dari pendidik dan peserta didik. Media yang dikembangkan diuji cobakan kepada 14 siswa kelas IV SDN Galagahwangi 1 Sugihwaras Bojonegoro. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh skor 125 dengan rata-rata sebesar 97,6% dengan kriteria sangat valid berdasarkan aspek kesesuaian isi, aspek kelayakan, dan aspek penilaian kontekstual. Validasi ahli media pada aspek kelayakan grafis memperoleh skor 135 dengan rata-rata 95% dengan kriteria sangat valid. Respon siswa SDN Glagahwangi 1 Sugihwaras Bojonegoro pada uji coba skala terbatas memperoleh skor 135 dengan rata-rata sebesar 92,5% yang merupakan kriteria sangat sesuai. Sedangkan, respon pendidik memperoleh skor 150 dengan rata-rata sebesar 94% yang juga merupakan masuk kriteria sangat sesuai. Dapat disimpulkan bahwa buku ajar Eco-ELT untuk pembelajar usia muda yang peneliti kembangkan sesuai dan layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran bahasa Inggris kelas IV Sekolah Dasar pada kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Eco-ELT, Buku Ajar, Materi Pembelajaran, Pengembangan Materi, Pembelajar Muda
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Faridatun Nadiyah
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:07
Last Modified: 16 Aug 2024 03:07
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
LESTARI, IIN WIDYA
NIDN0716118901
Thesis advisor
PUTRI, NANIN VERINA WIDYA
NIDN0703039601
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6119

Actions (login required)

View Item
View Item