ROFI', M. AHSANUR (2024) EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI PELEPASAN KEPEMILIKAN HARTA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN HOTS (HIGH ORDER THINKING SKIL) SISWA KELAS XD DI MAN 2 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (984kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (954kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (950kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (960kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (931kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (929kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan di era globalisasi menitikberatkan pada pengembangan keterampilan generik yang esensial bagi siswa, salah satunya adalah kemampuan HOTS. Seorang pendidik perlu mengintegrasikan HOTS ke dalam pendidikan agar memberikan kontribusi bagi masyarakat di indonesia, salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan HOTS antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran TPS selama pembelajaran dan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. 2) Mengetahui apakah dengan penerapan metode TPS pada mata pelajaran fiqih materi pelepasan kepemilikan harta lebih efektif dilihat dari peningkatan kemampuan HOTS siswa kelas XD
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling,. Desain dalam penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui tes, teknik analisis data meliputi uji t, & uji ngain score. Uji t dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran TPS terhadap kemampuan HOTS. Uji ngain score untuk melihat seberapa efektif metode TPS dalam meningkatkan kemampuan HOTS siswa kelas XD
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai rata rata kelas eksperimen sebesar 80,89 sedangkan kelas kontrol sebesar 60,30, nilai t hitung = 18.822 dan t tabel = 2.007 sehingga hasilnya t hitung > t tabel (18.822 > 2.007). 2) Hasil dari perhitungan ngain score = 0,6788 dengan kategori sedang dan ngain percentage = 67% berada dalam tafsiran cukup efektif yang artinya metode pembelajaran TPS pada mata pelajaran fiqih materi pelepasan kepemilikan harta cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan HOTS siswa kelas X D di MAN 2 Bojonegoro
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share, High Order Thinking Skills, Fiqih |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Ahsanur Rofi |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 02:12 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:12 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ROZI, FAHRU NIDN2125048401 Thesis advisor SILFIYAH, KHOIROTUS NIDN2119049201 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6073 |