PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PERISTIWA SEJARAH MATA PELAJARAN SKI SISWA KELAS VII MTS AL-ARQOM SARIREJO BALEN

FAIZA, DWI NUR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PERISTIWA SEJARAH MATA PELAJARAN SKI SISWA KELAS VII MTS AL-ARQOM SARIREJO BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bebeberapa komponen yang terlibat dalam proses pembelajaran, terdapat komponen yang penting dipertimbangkan oleh guru, yaitu model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Permasalahan yang ada di MTs Al-Arqom Sarirejo Balen yaitu penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai dan rendahnya literasi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini menyebabkan peserta didik merasa bosan saat proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar kurang maksimal akibat kesalahan dalam penggunaan model pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang bervariasi yang sesuai dengan materi yang diajarkan akan berkaitan dengan prestasi belajar yang dihasilkan oleh siswa. Kemajuan siswa dapat diperoleh apabila siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru ketika proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan Pre Eksperimental Design. Rancangan yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah One-Group Pretest-Postest Design dengan jumlah sampel 16 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, dan observasi.. Teknik analisis data meliputi uji validitas untuk mengetahui baik tidaknya instrumen penelitian yang digunakan, uji reliabilitas untuk mengetahui instrmen penelitian yang digunakan reliabel dan uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap mata pelajaran SKI siswa kelas VII MTs Al-Arqom Sarirejo Balen dengan nilai thitung sebesar 11,816. Berdasarkan t hitung tersebut dapat dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 2,131 (sign 0,05), setelah diperoleh t hitung > t tabel atau 11,816 > 2,131. Dari perbandingan hasil uji t tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kemampuan Literasi, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dwi Nur Faiza
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:09
Last Modified: 16 Aug 2024 02:09
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSUR, AHMAD
NIDN2122037701
Thesis advisor
HABIBULLAH, M. ROMADLON
NIDN2109058801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6072

Actions (login required)

View Item
View Item