SEPTIAWATI, ARISKA DWI (2024) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BOOKWIDGETS TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA MTS ROUDLOH SEMAMBUNG KANOR BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (293kB)
Awalan.pdf
Download (955kB)
BAB I.pdf
Download (439kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (511kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (595kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (315kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (394kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana keefektifan penerapan media pembelajaran bookwidgets terhadap hasil belajar akidah akhlak dan bagaimana hasil atau nilai dari belajar siswa melalui media pembelajaran Bookwidgets pada pelajaran Akidah Akhlak di MTs Roudloh Semambung Kanor Bojonegoro. Kompetensi media belajar digital telah menjadi konsep kunci dalam keterampilan dan pemahaman yang dibutuhkan oleh siswa. Media pendidikan yang mendorong siswa berpikir guna lebih memudahkan pembelajaran, tentunya memiliki banyak manfaat. Observasi yang dilakukan bahwa di MTs Roudloh media pembelajaran bookwidgets sudah dimasukkan ke dalam pembelajaran Akidah Akhlak.
Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini menggunakan perolehan signifikansi variabel yang diteliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji korelasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa media bookwidgets yang di terapkan terhadap motivasi hasil belajar siswa dengan hubungan korelasi dari variabel X dan variabel Y adalah 0,825 artinya Sempurna/sangat kuat dan Arah hubungan positif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 84 dengan efektivitas Bookwidgets memiliki koefisien korelasi (rxy)= 0,825. Taraf signifikansi 5% ro > rt (0,825>0,344) dengan taraf signifikansi yang diperoleh sebesar 1%, dimana ro > rt dengan nilai (0,825>0,442). Nilai ro 0,825 mengartikan bahwa bentuk korelasi dari nilai r ≥ r tabel, sehingga dapat dikategorikan variabel X “Sangat Kuat” tingkat pengaruhya terhadap variabel Y.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Bookwidgets, Motivasi Hasil Belajar, Akidah Akhlak |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ARISKA DWI SEPTIAWATI |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 02:56 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 02:56 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor CHOIRI, MOH MIFTAHUL NIDN0704019003 Thesis advisor SHOFIYUDDIN, AHMAD NIDN2115058905 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6067 |