IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP GURU PAI DALAM MEMBENTUK PEMAHAMAN SISWA DI SMP PGRI NGASEM

ROMANSYAH, YUAN (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP GURU PAI DALAM MEMBENTUK PEMAHAMAN SISWA DI SMP PGRI NGASEM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan sarana utama untuk mengembangkan kepribadian setiap manusia. Namun sayangnya, masih banyak kendala yang di alami oleh beberapa lembaga pendidikan di Indonesia salah satunya adalah keterbatasan siswa. Kekurangan siswa dalam suatu sekolah dapat berdampak kepada penerimaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap Guru PAI dalam membentuk pemahaman siswa di SMP PGRI Ngasem. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran kelas rangkap guru PAI dalam membentuk pemahaman siswa adalah yang pertama, persiapan misalnya sebelum memulai menyampaikan materi guru harus mengarahkan siswa terlebih dahulu seperti membagi papan tulis dan mengelompokan siswa, menyampaikan materi sesuai modul ajar, menyampaikan materi harus saling berkaitan antar materi per tingkatan kelas dan menyiapkan media pembelajaran. Sehingga dapat membentuk pemahaman siswa dibuktikan dengan nilai yang sesuai kkm pada saat ujian harian maupun akhir.
Namun metode ini juga memiliki Kekurangan dan kelebihan seperti contohnya adalah tidak fokusnya para siswa dalam proses pembelajaran serta tidak semua guru mempunyai kemampuan untuk menerapkan model pembelajaran kelas rangkap ini. dan untuk kelebihan pembelajaran kelas rangkap adalah dapat meningkatkan keaktifan siswa, untuk bekerjasama antar tinggkat kelas yang berbeda dalam satu ruangan yang sama, selain itu juga dapat melatih siswa untuk saling menghargai serta yang paling penting adalah dapat membentuk pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Kelas Rangkap, Guru PAI
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuan Romansyah
Date Deposited: 15 Aug 2024 22:41
Last Modified: 19 Aug 2024 02:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SHOFIYUDDIN, AHMAD
NIDN2115058905
Thesis advisor
ISROAINI, FARIDA
NIDN0170028903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6064

Actions (login required)

View Item
View Item