EXPLORING GENERATION Z'S METHODS OF LEARNING ENGLISH PRONUNCIATION THROUGH TIKTOK

Fadilah, Nur (2024) EXPLORING GENERATION Z'S METHODS OF LEARNING ENGLISH PRONUNCIATION THROUGH TIKTOK. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi metode pembelajaran pelafalan bahasa Inggris oleh generasi Z melalui platform media sosial TikTok. Generasi Z dikenal sebagai generasi yang sangat akrab dengan teknologi dan media sosial, termasuk TikTok yang menjadi salah satu aplikasi terpopuler di kalangan mereka. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk memahami persepsi, tantangan, dan peluang yang dihadapi oleh Generasi Z dalam menggunakan TikTok sebagai alat bantu pembelajaran pelafalan bahasa Inggris. Responden penelitian adalah siswa kelas 10 SMKN 3 Bojonegoro jurusan PSPT 1 dan 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi survei kuesioner dan wawancara mendalam terkait penggunaan video TikTok dalam pembelajaran pelafalan bahasa Inggris untuk mendapatkan data yang komprehensif mengenai pengalaman belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok merupakan salah satu aplikasi yang disukai siswa untuk berlatih bahasa Inggris. Sebanyak 58,6% siswa merasa mudah dan nyaman ketika belajar pelafalan melalui TikTok. Selain itu, 63,8% siswa mengatakan bahwa keberadaan TikTok sebagai media untuk berlatih pelafalan bahasa Inggris dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka. Hal ini dikarenakan mereka merasa menemukan tempat berlatih bahasa Inggris yang santai, fleksibel, dan tidak mudah membosankan. Dibalik tantangan yang dapat meningkatkan motivasi, ternyata terdapat beberapa kesulitan dan hambatan yang dialami oleh siswa, antara lain mudah teralihkan oleh konten hiburan yang menyebabkan ketidakfokusan siswa, kurangnya umpan balik secara langsung dalam hal mengoreksi kesalahan dalam berlatih pelafalan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa TikTok dapat menjadi alat yang efektif dalam mempelajari pelafalan bahasa Inggris untuk generasi Z, dengan memanfaatkan konten yang menarik dan kolaboratif. Diharapkan temuan ini dapat berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran bahasa yang lebih modern dan interaktif melalui platform digital seperti TikTok.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Generasi Z, Pelafalan bahasa Inggris, TikTok, Pembelajaran digital, dan Media sosial
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Nur Fadilah
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:05
Last Modified: 15 Aug 2024 04:05
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Zainuddin, Moh.
NIDN0125117304
Thesis advisor
Zumrudiana, Ainu
NIDN0722128605
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6063

Actions (login required)

View Item
View Item