Fadilah, Nur (2024) EXPLORING GENERATION Z'S METHODS OF LEARNING ENGLISH PRONUNCIATION THROUGH TIKTOK. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (503kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (466kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (778kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (561kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (413kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (548kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi metode pembelajaran pelafalan bahasa Inggris oleh generasi Z melalui platform media sosial TikTok. Generasi Z dikenal sebagai generasi yang sangat akrab dengan teknologi dan media sosial, termasuk TikTok yang menjadi salah satu aplikasi terpopuler di kalangan mereka. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk memahami persepsi, tantangan, dan peluang yang dihadapi oleh Generasi Z dalam menggunakan TikTok sebagai alat bantu pembelajaran pelafalan bahasa Inggris. Responden penelitian adalah siswa kelas 10 SMKN 3 Bojonegoro jurusan PSPT 1 dan 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi survei kuesioner dan wawancara mendalam terkait penggunaan video TikTok dalam pembelajaran pelafalan bahasa Inggris untuk mendapatkan data yang komprehensif mengenai pengalaman belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok merupakan salah satu aplikasi yang disukai siswa untuk berlatih bahasa Inggris. Sebanyak 58,6% siswa merasa mudah dan nyaman ketika belajar pelafalan melalui TikTok. Selain itu, 63,8% siswa mengatakan bahwa keberadaan TikTok sebagai media untuk berlatih pelafalan bahasa Inggris dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka. Hal ini dikarenakan mereka merasa menemukan tempat berlatih bahasa Inggris yang santai, fleksibel, dan tidak mudah membosankan. Dibalik tantangan yang dapat meningkatkan motivasi, ternyata terdapat beberapa kesulitan dan hambatan yang dialami oleh siswa, antara lain mudah teralihkan oleh konten hiburan yang menyebabkan ketidakfokusan siswa, kurangnya umpan balik secara langsung dalam hal mengoreksi kesalahan dalam berlatih pelafalan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa TikTok dapat menjadi alat yang efektif dalam mempelajari pelafalan bahasa Inggris untuk generasi Z, dengan memanfaatkan konten yang menarik dan kolaboratif. Diharapkan temuan ini dapat berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran bahasa yang lebih modern dan interaktif melalui platform digital seperti TikTok.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Generasi Z, Pelafalan bahasa Inggris, TikTok, Pembelajaran digital, dan Media sosial |
Subjects: | 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Nur Fadilah |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 04:05 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 04:05 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Zainuddin, Moh. NIDN0125117304 Thesis advisor Zumrudiana, Ainu NIDN0722128605 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6063 |