Maulana, M. Farid (2024) PREDIKSI PENJUALAN MAKANAN PADA WARUNG NASI BAKAR MANTAP MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (516kB)
AWALAN.pdf
Download (998kB)
BAB 1.pdf
Download (577kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (687kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (559kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (516kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (552kB) | Request a copy
Abstract
Dalam dunia bisnis, khususnya di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM), pemahaman pola penjualan dan perilaku pelanggan sangat krusial untuk meningkatkan efektivitas strategi penjualan makanan. Algoritma Apriori merupakan salah satu metode data mining yang digunakan untuk menemukan hubungan antar item dalam dataset transaksi yang besar. Penelitian ini mengaplikasikan algoritma Apriori pada data transaksi penjualan makanan di Warung Nasi Bakar Mantap dengan tujuan mengidentifikasi asosiasi antara produk-produk yang sering dibeli secara bersamaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan algoritma Apriori dapat mengungkap pola pembelian yang signifikan, yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh pihak pemilik warung untuk menyusun strategi penjualan yang lebih efektif, seperti stok produk yang strategis, penawaran bundling produk, dan promosi berbasis data. Dalam penelitian ini produk makanan yang dibeli secara bersamaan adalah jika konsumen membeli Ayam maka juga akan membeli Sapi dengan nilai support 43.75 dan confidence 70%, jika konsumen membeli Sapi maka akan membeli Ayam dengan nilai support 43.75 confidence 62%, jika konsumen membeli Tuna maka akan membeli Sapi dengan nilai support 42% dan confidence 65%. Dari hasil pengujian Black Box dapat disimpulkan terdapat 12 pengujian yang valid, jadi untuk fungsi telah berjalan sesuai rancangan. Implementasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan pendapatan warung dengan cara yang lebih terukur dan efisien. Kesimpulannya maka warung nasi bakar mantap dapat memprediksi dengan membawa item ayam dan sapi yang lebih banyak dari item lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Apriori, Asosiasi, Data Mining |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | M. Farid Maulana |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 04:51 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 04:51 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Zayn, Afta Ramadhan NIDN0708048903 Thesis advisor Wahyudi, Sunu NIDN0709058902 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6058 |