PREDIKSI PENJUALAN MAKANAN PADA WARUNG NASI BAKAR MANTAP MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Maulana, M. Farid (2024) PREDIKSI PENJUALAN MAKANAN PADA WARUNG NASI BAKAR MANTAP MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (998kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (559kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia bisnis, khususnya di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM), pemahaman pola penjualan dan perilaku pelanggan sangat krusial untuk meningkatkan efektivitas strategi penjualan makanan. Algoritma Apriori merupakan salah satu metode data mining yang digunakan untuk menemukan hubungan antar item dalam dataset transaksi yang besar. Penelitian ini mengaplikasikan algoritma Apriori pada data transaksi penjualan makanan di Warung Nasi Bakar Mantap dengan tujuan mengidentifikasi asosiasi antara produk-produk yang sering dibeli secara bersamaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan algoritma Apriori dapat mengungkap pola pembelian yang signifikan, yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh pihak pemilik warung untuk menyusun strategi penjualan yang lebih efektif, seperti stok produk yang strategis, penawaran bundling produk, dan promosi berbasis data. Dalam penelitian ini produk makanan yang dibeli secara bersamaan adalah jika konsumen membeli Ayam maka juga akan membeli Sapi dengan nilai support 43.75 dan confidence 70%, jika konsumen membeli Sapi maka akan membeli Ayam dengan nilai support 43.75 confidence 62%, jika konsumen membeli Tuna maka akan membeli Sapi dengan nilai support 42% dan confidence 65%. Dari hasil pengujian Black Box dapat disimpulkan terdapat 12 pengujian yang valid, jadi untuk fungsi telah berjalan sesuai rancangan. Implementasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan pendapatan warung dengan cara yang lebih terukur dan efisien. Kesimpulannya maka warung nasi bakar mantap dapat memprediksi dengan membawa item ayam dan sapi yang lebih banyak dari item lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Apriori, Asosiasi, Data Mining
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: M. Farid Maulana
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:51
Last Modified: 15 Aug 2024 04:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Zayn, Afta Ramadhan
NIDN0708048903
Thesis advisor
Wahyudi, Sunu
NIDN0709058902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6058

Actions (login required)

View Item
View Item