IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DALAM MEMBENTUK INSAN KAMIL TERHADAP REMAJA DESA SUMURAGUNG-SUMBERREJO-BOJONEGORO

ROHMAWATI, YULIA (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DALAM MEMBENTUK INSAN KAMIL TERHADAP REMAJA DESA SUMURAGUNG-SUMBERREJO-BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (962kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya yang dilakukan untuk membantu membentuk watak seseorang. Pendidikan karakter islam sangat berkaitan dengan menjadi insan kamil, sebab jika individu sudah memiliki karakter yang sesuai dengan syariat islam dan sudah menjadi kebiasaan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, maka individu tersebut sudah bisa dikatakan memiliki jiwa insan kamil. Iinsan kamil adalah manusia sempurna yang perbuatannya sesuai dengan hakikatnya. Remaja di Desa Sumuragung merupakan remaja yang mengikuti perkembangan zaman, seperti remaja pada umumnya mereka juga melakukan kegiatan seperti nongkrong diwarung kopi, bergadang sampai malam, bermain game dan masih banyak lainnya. Namun, remaja di Desa Sunuragung menyeimbangkan semua itu dengan tetap mengikuti kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial, contohnya rutinan tahlil, dziba’, pengajian. Bakti sosial dan kerja bakti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan meliputi perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teknik, dan waktu, diskusi teman sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter islam dalam membentuk insan kamil terhadap remaja di Desa Sumuragung dengan membiasakan diri dan mengikuti kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial. Contoh kegiatan yang diikuti yaitu rutinan tahlil, dziba’, bakti sosial, kerja bakti dan lain lain. bisa disimpulkan dengan mengikuti kegiatan tersebut secara tidak langsung remaja sudah menerapkan nilai pendidikan karakter islam, dengan kebiasaaan yang sudah terbiasa maka sudah tertanam dan terbentuk jiwa insan kamil terhadap remaja. Faktor pendukung pada implementasi pendidikan karakter islam dalam membentuk insan kamil terhadap remaja adalah kesadaran diri, keluarga, teman sebaya. Sedangkan faktor pengahmabatnya kurangnya percaya diri, keluarga yang kurang harmonis dan kesibukan remaja.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karkater Islam, Insan Kamil, Remaja.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:47
Last Modified: 07 Apr 2022 02:47
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NIHAYAH, HAMIDATUN
UNSPECIFIED
Thesis advisor
CHOIRI, MOH. MIFTAHUL
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item
View Item