Kurniawati, Happy (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI MIRO MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI MI TARBIYATUL ISLAM SOKOSARI TUBAN. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (308kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (921kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (925kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Latar belakang penelitian ini bahwa siswa kelas V di MI Tarbiyatul Islam Sokosari Tuban kesulitan memahami materi IPA yang bersifat konsep yaitu materi siklus air. Berdasarkan hasil observasi di MI Tarbiyatul Islam Sokosari Tuban media pembelajaran yang digunakan guru adalah media pembelajaran konvensional dengan metode ceramah sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan sulit dimengerti. Pembelajaran yang berpusat kepada guru dengan menggunakan media pembelajaran buku membuat siswa menjadi jenuh dan pasif. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang interaktif dan menarik untuk mata pelajaran IPA materi Siklus air. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Miro mata pelajaran IPA siswa kelas V di MI Tarbiyatul Islam Sokosari Tuban dan mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Miro mata pelajaran IPA siswa kelas V di MI Tarbiyatul Islam Sokosari Tuban.
Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan Model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, validasi, angket respon peserta didik, dan dokumentasi.
Berdasarkan angket respon siswa saat uji coba kelompok kecil presentase yang didapatkan dari jawaban "ya" 91,67% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan angket respon siswa saat uji coba kelompok besar presentase yang didapatkan dari jawaban "ya" 89,57% dengan kategori “sangat baik” Kesimpulan menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Miro pada materi Siklus air mata pelajaran IPA sangat layak digunakan pada pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Siklus air, Miro |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Happy Kurniawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 02:41 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 02:41 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Habibullah, Muhammad Romadlon NIDN2109058801 Thesis advisor Amreta, Midya Yuli NIDN2130079101 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6043 |