KEEFEKTIFAN TEKNIK DISPUTE IRRATIONAL BELIEFS (DIBS) DALAM KONSELING INDIVIDU BERBASIS RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MEREDUKSI SELF HARM PADA SISWA SMK GAMA KEDUNGADEM

FAIZZIYAH, INDAH NUR (2024) KEEFEKTIFAN TEKNIK DISPUTE IRRATIONAL BELIEFS (DIBS) DALAM KONSELING INDIVIDU BERBASIS RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MEREDUKSI SELF HARM PADA SISWA SMK GAMA KEDUNGADEM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Self Harm mempunyai arti sebagai perilaku menyakiti diri sendiri atau disebut juga cara individu untuk meredakan dan meluapkan perasaan emosi, stress, kecewa, marah, ataupun depresi yang dilakukan dengan sengaja untuk merusak atau membahayakan diri sendiri tanpa berniat untuk bunuh diri. Dalam pembuatan instrumen berupa kuesioner, peneliti menggunakan pengelompokan aspek yang terdiri dari 3 aspek yaitu (1) perilaku self harm secara langsung, (2) perilaku self harm secara tidak langsung, (3) perilaku beresiko dan kognisi. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui gambaran perilaku self harm pada siswa, 2) Untuk mengetahui keefektifan konseling individu dengan teknik dispute irrational beliefs (DIBs) dalam konseling individu berbasis rational emotive behaviour therapy untuk mereduksi self harm pada siswa. Gambaran tingkat self harm siswa SMK Gama Kedungadem terdapat 3 siswa dengan kategori tinggi yaitu M. KSS 65%, MF 64%, dan DIW 59%. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan kuesioner self harm, observasi, wawancara dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 26 dengan melakukan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji paired sample t test. Dari Hasil uji paired sample t test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.030 yang artinya < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil perlakuan pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian penerapan konseling individu dengan teknik Dispute Irrational Beliefs untuk mereduksi self harm terbukti efektif untuk membantu mereduksi perilaku self harm pada siswa SMK Gama Kedungadem.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Self Harm, Dispute Irrational Beliefs (DIBs), Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Konseling Individu
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Indah Nur Faizziyah
Date Deposited: 15 Aug 2024 22:23
Last Modified: 15 Aug 2024 22:23
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Setyoningsih, Yunita Dwi
0710068404
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
0711118702
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6014

Actions (login required)

View Item
View Item